5 Tips Sukses Bisnis Jual Beli HP Bekas Bagi Pemula

5 Tips Bisnis Jual Beli HP Bekas - HP atau ponsel merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat berguna dan di butuhkan saat ini. Sebenarnya penyebutan HP ini bisa beraneka sebutan, ada yang menyebutnya HP, Telepon Genggam, Ponsel, Smartphone, Tablet, gadget dan masih banyak lagi. Padahal intinya tetap saja sama, yakni sebagai alat komunikasi. Meskipun seiring berkembangnya jaman, HP tidak lagi di gunakan untuk komunikasi saja, namun juga untuk browsing layaknya komputer atau laptop.

Saat ini HP merupakan salah satu barang wajib bagi sebagian orang, terutama kaula muda yang mana pasti memiliki perangkat elektronik yang satu ini. Bahkan jika kita melihat kenyataan yang ada, satu orang saja ada yang memiliki HP lebih dari satu. Melihat hal tersebut, bisnis yang ada kaitannya dengan HP atau ponsel genggam ini memang sangat potensial dan menjanjikan untuk di jalankan.

5 Tips Sukses Bisnis Jual Beli HP Bekas

Salah satu bisnis bidang HP yang bisa kita geluti adalah jual beli HP bekas, atau istilah lainnya jual beli HP second. Binsis HP bekas saat ini masih sangat potensial untuk di jalankan, mengingat saat ini banyak perusahaan HP yang memproduksi HP baru dengan fitur yang baru juga. Dengan begitu banyak pemilik HP lawas yang ingin mengganti HPnya dengan HP yang baru. Tentu saja untuk membeli HP baru membutuhkan biaya yang besar dan untuk menambah biaya tersebut, kebanyakan dari mereka menjual HP lawasnya.

Hal seperti itu terus berputar dan berulang-ulang sepanjang waktu dan memberikan peluang yang sangat besar bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis HP bekas ini. Apabila anda tertarik memulai usaha HP bekas, anda bisa membaca beberapa tips sukses usaha HP bekas berikut ini.

5 Tips Sukses Bisnis Jual Beli HP Bekas Bagi Pemula


1. Buka Konter atau Tanpa Konter

Bisnis jual beli HP bekas bisa di mulai dengan cara mendirikan kios konter atau tidak. Namun jelas yang memiliki potensi terbesar adalah dengan cara membuka konter. Dimana dengan memiliki konter, calon penjual HP bekas dan calon pembeli HP bekas bisa mengetahui apabila anda memiliki usaha jual beli HP bekas. Dengan memiliki konter, selain menjual dan membeli HP bekas, anda juga bisa menjual beragam kebutuhan lainnya.

2. Beli HP Bekas Yang Berkualitas

Bisnis HP bekas ini akan berjalan lancar apabila anda bisa mengetahui mana HP yang berkualitas dan mana HP yang tidak berkualitas. Sehingga paling tidak anda harus belajar terlebih dahulu, bagaimana caranya mengetahui HP yang berkualitas dan yang tidak berkualitas. Berkualitas disini berarti HP tersebut masih dalam kondisi normal, mulai dari HP, Software, Batrai dan lain sebagainya.

Apabila anda membeli HP bekas yang berkualitas maka orang yang membeli HP di konter anda akan puas dengan kualitas HP yang anda jual. Tidak sedikit-sedikit rusak, karena hal tersebut bisa mengurungkan niat pelanggan untuk membeli lagi dikonter anda.

3. Jalin Kerjasama Yang Baik Antar Konter

Ada kalanya dimana antara pemiliki konter saling bekerja sama. Memang apabila suatu usaha sama persis seperti konter dengan konter akan menimbulkan persaingan. Namun alangkah baiknya persaingan tersebut bersifat persaingan yang sehat dan saling menguntungkan satu dengan yang lainnya.

Sebagai contoh, apabila ada yang datang ke konter anda dan mencari HP bekas dengan tipe A. Sedang saat itu di konter anda tidak memiliki HP tipe A, maka anda bisa bertanya kepada pemilik konter lain mengenai stok HP tipe A di konter tersebut. Nah, apabila ada maka anda bisa mendapatkan keuntungan dengan cara menjadi perantara antara calon pembeli dengan pemiliki konter tersebut.

4. Harga Yang Bersahabat dan Saling Menguntungkan

Menjual barang banyak dengan keuntungan yang kecil lebih baik dari pada menjual barang sedikit dengan keuntungan yang besar. Itu memang benar apa adanya, lebih baik kita menjual banyak HP dengan keuntungan per HP yang kecil dari pada menjual sedikit HP dengan keuntungan yang besar per HP.

Apabila anda ingin usaha jual beli HP bekas berjalan dengan lancar dan cepat membuahkan keuntungan, anda harus menjual dan membeli HP bekas dengan harga yang bersahabat, tidak hanya untuk anda, namun juga penjual dan pembeli HP. Misalnya saja anda mengambil HP bekas dari seorang penjual dengan harga Rp. 300.000,- dan kemudian anda jual kembali dengan harga Rp. 325.000,-. Dengan begitu anda memiliki margin keuntungan hanya sebesar Rp. 25.000,- saja. Namun apabila anda menerapkan prinsip tersebut, anda bisa menarik banyak pelanggan setiap harinya. Pelanggan akan senang baik ketika membeli HP bekas maupun menjual HP bekas

5. Maksimalkan Promosi

Salah satu hal yang tidak bisa di lewatkan baik ketika baru pertama kali memulai usaha ini maupun sudah lama menekuni usaha ini adalah masalah promosi. Karena pada dasarnya promosi sangat banyak macamnya dan sangat banyak cara yang bisa di lakukan. Apabila anda masih baru menekuni usaha ini dan baru mendirikan konter, maka promosi wajib anda lakukan, karena pada tahap ini adalah tahap promo.

Anda bisa promosi dengan berbagai cara, seperti membuat banner besar yang di pasang di konter anda. Menyebarkan brosur di jalanan, di sekitar konter anda. Yang pasti, anda harus berusaha membuat banyak orang tertarik dengan bisnis jual beli HP milik anda.
Baca Juga : Usaha Yang Potensial Dengan Modal Sekitar 1 Juta Rupiah
Mungkin itulah beberapa tips yang dapat kami bagikan kepada pembaca semua. Selain beberapa tips sukses di atas, masih banyak hal lain yang perlu anda pelajari ketika memulai usaha ini. Semoga bermanfaat referensi Tips Sukses Bisnis Jual Beli HP Bekas.