Tuesday, December 16, 2014

Usaha Cafe Modal Kecil Beserta Tips Cara Memulainya


Usaha Cafe Modal Kecil Beserta Tips Cara Memulainya - Selamat datang para wirausaha, bagaimana kabar anda di hari yang cerah ini. Setelah pada pembahasan sebelumnya, saya sebagai admin membahas referensi rental PS3, kali ini saya akan membagikan informasi tentang Usaha Cafe dengan modal yang kecil beserta tips cara memulainya yang mana mungkin menjadi sumber inspirasi bagi anda.

Cafe, apa yang ada di benak anda ketika mendengar istilah tersebut?. Menurut saya pribadi cafe merupakan tempat makan dan minum sama halnya dengan restauran, namun yang menjadi perbedaannya ialah cafe lebih kecil dari restauran dan makanan yang di sediakan tidak selengkap restauran.

Usaha Cafe Modal Kecil Beserta Tips cara Memulainya

Cafe sendiri dengan sangat mudah kita temui di sudut-sudut kota, bahkan kebanyakan cafe menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda. Biasanya makanan yang di jual di cafe tidak terlalu bervariasi, begitupun dengan minumannya.

Jika anda memang berniat membuka usaha cafe, namun terkendala dengan modal yang kecil, anda tak perlu ragu atau menyerah, anda dapat mendirikan cafe yang sederhana sebagai pemula, nantinya jika sudah berkembang anda dapat membuat cabang yang lebih besar. Nah, jika anda berniat membuka usaha cafe, alangkah baiknya anda membaca beberapa hal di bawah ini.

Usaha Cafe Modal Kecil Beserta Tips Cara Memulainya


1. Lahan / Tempat Berdirinya Cafe

Jika anda telah memiliki lahan sendiri, maka bersyukurlah karena itu artinya anda tak perlu lagi menyewa atau membeli tanah untuk mendirikan usaha cafe. Apalagi jika lahan yang anda punya terletak di tempat yang strategis seperti di pinggir jalan raya, dekat dengan mall atau di tempat yang ramai dan sering di kunjungi orang banyak. Namun apabila anda memiliki lahan yang jauh dari keramaian, maka anda dapat menyewa sebuah ruko atau lahan kosong dengan luas minimal sekitar 8 x 4 meter.

2. Menu Makanan

Jika usaha cafe anda termasuk cafe kecil-kecilan, maka tidak perlu memiliki menu makanan dan minuman yang banyak. Cukup dengan beberapa menu saja yang terpenting terjamin rasa dan kesehatannya. Anda juga dapat menambahkan menu tradisional yang di padukan dengan menu modern. Misalnya seperti pisang goreng ice cream.

3. Fasilitas Murah Meriah

Pada umunya banyak sekali cafe yang menggunakan fasilitas lengkap dan terkesan mewah. Untuk usaha cafe skala kecil, saya rasa itu tidak perlu karena tidak semua fasilitas mewah seperti kursi itu empuk dan nyaman. Anda dapat menggunakan terobosan kursi dari kayu atau bahan unik lain agar cafe anda terkesan unik dan menarik minat konsumen. Atau jika anda memiliki ide lain seperti cafe lesehan, mengapa tidak?

4. Minimalkan Karyawan

Jika anda mendirikan usaha cafe, tentunya anda akan menjadi bos dan mencari karyawan untuk bekerja di kafe anda. Namun untuk usaha cafe skala kecil itu tak harus terjadi. Anda dapat mencari 1 orang karyawan saja sebagai juru masak. Sedangkan anda dapat menjadi pelayan. Untuk urusan bersih-bersih anda dapat melakukannya bersama karyawan. Selain itu tentunya anda juga memiliki sanak keluarga seperti istri dan anak yang dapat membantu anda.

5. Free Marketing

Pemasaran atau promosi di radio, koran atau media besar lainnya memang efektif, namun juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Free marketing disini berarti promosi gratis, lalu adakah promosi gratis saat ini? tentunya ada, yakni dengan menggunakan media online. Anda dapat promosi menggunakan media sosial seperti facebook, twitter dll. Selain itu anda juga membuat website sendiri yang mempromosikan cafe anda beserta menunjukkan jika cafe anda memiliki kualitas.

Beberapa hal di atas patut anda lakukan jika anda membuka usaha cafe yang berskala kecil dengan modal yang minim, hal yang lain yang dapat anda lakukan ialah memberikan pelayanan ramah dan maksimal agar pengunjung puas dengan layanan anda.
Baca Juga : Usaha Rental PS3 Modal Awal Bisnis Menjanjikan
Mungkin itu saja yang dapat kami informasikan, teruslah berusaha dan jangan pernah menyerah, semoga berhasil dan terimakasih telah membaca artikel Usaha Cafe Beserta Tips Cara Memulainya.