Tips Memulai Usaha Warnet dan Game Online Bagi Pemula

Tips Memulai Usaha Warnet Bagi Pemula sangat di perlukan agar usaha warnet yang kita jalankan bisa berjalan maksimal dan sesuai dengan target yang kita inginkan. Usaha warnet dan game online merupakan jenis usaha yang memerlukan banyak sekali pertimbangan sebelum memulainya, ini karena usaha warnet dan game online bukanlah jenis usaha baru, usaha ini sangat mudah kita jumpai di setiap pelosok kota bahkan di desa pun sudah banyak para wirausaha yang membuka usaha warnet yang di lengkapi juga dengan game online.

Alasan mengapa banyak orang yang tertarik dengan usaha warnet dan game online ini di karenakan usaha ini dapat di jalankan dengan cukup mudah, cepat menghasilkan dan balik modal serta dapat di jalankan baik di kota maupun di desa. Bagi anda yang tertarik memulai usaha warnet dan game online sebaiknya membaca beberapa tips memulai usaha warnet di bawah ini yang mana dapat di jadikan sebagai bahan referensi untuk anda sebelum memulai usaha warnet.

Tips Memulai Usaha Warnet dan Game Online Bagi Pemula

Tips Memulai Usaha Warnet dan Game Online

1. Lokasi Warnet

Lokasi terbaik dan paling potensial untuk membuka usaha warnet adalah dekat dengan keramaian atau lembaga pendidikan seperti sekolahan, kampus, dekat mall, pasar dan lain sebagainya. Namun apabila anda ingin mendirikan usaha ini di desa, usahakan mencari lokasi yang ramai dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

2. Target Pengunjung

Yang namanya usaha warnet tentunya memiliki target pengunjung dan kebanyakan yang mengujungi warnet adalah mereka yang berumur antara 10-50 tahun dan yang paling banyak adalah remaja terutama yang masih sekolah atau kuliah karena banyak sekali tugas-tugas yang harus di kerjakan. Selain itu sekarang anak kecil dan remaja lebih suka bermain game secara online dari pada offline. Maka dari itu usahakan anda mendapatkan pengunjung sesuai dengan lokasi warnet anda.

3. Fasilitas Warnet

Fasilitas meliputi banyak aspek yang mana semuanya berujung pada minat konsumen untuk mendatangi warnet dan game online anda. Fasilitas yang baik dengan pelayan yang prima tentunya membuat pengunjung betah berlama-lama di warnet anda. Yang perlu anda perhitungkan sebelum memulai usaha warnet ini adalah jenis tempat duduk pengunjung, apakah lesehan atau menggunakan kursi. Jika menggunakan kursi usahakan kursi cukup nyaman untuk pengunjung, jika lesehan maka usahakan tikar yang di gunakan cukup lembut dan nyaman. Selain itu fasilitas lain yang tak kalah penting seperti meja, kipas angin/ac, toilet dan lain sebagainya.

4. Spesifikasi Komputer

Untuk warnet yang juga mendukung game online tentunya memerlukan spesifikasi komputer yang cukup tinggi minimal memiliki spesifikasi prosessor core duo, RAM 2 GB, VGA 1 GB untuk komputer client, sedangkan untuk komputer server bisa menggunakan spesifikasi di atas itu, untuk layar monitor bisa menggunakan layar dengan ukuran 22 inchi. Tak lupa lengkapi juga dengan speaker, mouse gaming dan keyboard yang mudah di operasikan.

5. Kecepatan Internet

Selain spesifikasi, hal lain yang tak kalah penting ialah kecepatan jaringan internet, jika anda membuka usaha warnet yang di sertai game online, maka di butuhkan konseksi internet yang cepat. Sebagai contoh misalnya anda membuka usaha warnet dengan 11 komputer yang mana 1 sebagai server dan yang 10 sebagai client, dengan asumsi tersebut paling tidak di butuhkan kecepatan internet minimal 2 Mbps. Anda bisa menentukan sendiri tergantung banyaknya komputer dan kebutuhan internet.

6. Usaha Sampingan Pendukung

Biasanya orang-orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game online dan berselancar di internet. Dengan demikian anda juga bisa membuka usaha sampingan di samping warnet anda seperti berjualan mie instan, kopi, rokok, cemilan dan lain sebagainya. Selain itu anda juga bisa menambah usaha pada warnet anda seperti fotocopy, laminating, cetak foto, cetak banner, foto kilat, video shooting yang mana sesuai dengan keahlian anda dalam bidang tersebut.

Memulai usaha warnet bukanlah hal yang mudah, perlu di pikirkan masak-masak terlebih dahulu. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha warnet tidaklah sedikit, maka dari itu anda harus fokus dan bekerja keras untuk memajukan warnet anda. Jika anda sudah memiliki warnet dan ingin warnet anda ramai baca Cara Agar Usaha Warnet Ramai, Tidak Sepi Dan Menguntungkan

Sekian yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga tips memulai usaha warnet dan game online bisa menjadi inspirasi bermanfaat untuk anda, jangan pernah menyerah mencari rezeki yang halal, semoga berhasil dan berbuah kesuksesan ya. Terimakasih telah berkunjung dan membaca Tips Memulai Usaha Warnet dan Game Online.
Baca Juga : 5 Usaha Sampingan Paling Cocok Bagi Mahasiswa