Memulai Usaha Percetakan Digital Printing Modal Kecil

Bisnis Percetakan Digital Printing – Zaman serba cepat dan modern seperti saat ini membuat proses pembuatan dokumen semakin cepat. Sistem digital printing baru-baru ini semakin banyak diminati kalangan pengusaha. Kita tahu kebutuhan akan digital printing sangatlah besar, maka dari itu sekarang banyak lapak usaha digital printing muncul di berbagai tempat. Memulai usaha percetakan digital printing tidak semudah membalik telapak tangan. Memang keuntungan dari usaha percetakan sangatlah tinggi, namun modal yang dibutuhkan juga terbilang besar.

Banyak orang memiliki keinginan untuk berbisnis dalam bidang percetakan, tetapi timbul permasalahan seputar bagaimana cara memulainya. Pikiran para calon pengusaha di bidang percetakan sudah tidak fokus mengingat harga mesin cetak seperti mesin fotocopy, printer, offset terbilang mahal. Namun, untuk memulai usaha percetakan digital printing sebenarnya bisa dimulai dengan modal yang kecil, yakni dengan cara merintis dari kecil-kecilan.

Memulai Usaha Percetakan Digital Printing Modal Kecil

Lalu bagaimana cara memulai bisnis percetakan digital printing dengan modal yang kecil? simak ulasan seribupeluang berikut ini.

Cara Memulai Usaha Percetakan Digital Printing Modal Kecil


Perhitungkan Target Pasar

Memulai bisnis percetakan harus memperhatikan jumlah target pasar atau konsumen. Rata-rata lokasi dari bisnis percetakan digital ini berada di tempat ramai seperti dekat jalan raya, kampus, sekolah, pusat kota atau pusat kegiatan usaha. Tujuan dari pemilihan tempat tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan jumlah konsumen dalam jumlah besar. Memulai usaha percetakan dengan modal kecil harus lebih menekan biaya pembelian mesih digital printing. Anda bisa membeli mesin tersebut dengan harga murah berkualitas second atau bekas. Dalam memulai bisnis di bidang percetakan digital printing bermodal kecil Anda harus jeli melihat kondisi mesin meskipun berkualitas bekas pakai. Sehingga dengan modal kecil kita bisa mndapatkan mesin bekas dengan kualitas tak kalah dari mesin baru.

Memilih Kualitas Mesin Digital Printing

Jika Anda memiliki modal cukup untuk membeli mesin digital printing sebaiknya pilihlah dengan tipe kecepatan tinggi. Pemilihan tersebut bertujuan untuk mempercepat penyelesaian order pada saat ramai. Memulai usaha percetakan digital printing pada saat memilih mesin pilihlah kecepatan mesin sekitar 6-9 m²  per jam. Nantinya jika berhasil membeli mesin cetak berkecepatan tinggi maka proses kerja akan lebih cepat selesai.

Pilih Mesin Hemat Tinta

Satu bagian pada mesin printing yang sering diganti adalah tinta. Jika pesanan atau order dari konsumen menumpuk maka intensitas pemakaian tinta akan sangat besar. Dalam memulai usaha percetakan digital printing pilihlah mesin cetak hemat tinta dengan tingkat konsumsi 8-15cc per m² dengan kualitas gambar cukup tajam.

Pilihlah Mesin BerSoftware RIP Terbaik

Proses memulai usaha percetakan digital printing membutuhkan mesin cetak digital dengan Software RIP terbaik. Program untuk mengatur pemakaian tinta disebut dengan Software RIP dimana kinerjanya menghitung berapa banyak semprotan tinta pada sebuah kertas atau media. Ada satu Software RIP terkenal yang sudah banyak dipakai yakni Software RIP Caldera.

Jangan Menolak Order Pelanggan

Jika dalam proses menjalankan usaha percetakan digital printing tersebut anda menerima banyak order, jangan pernah menolaknya karena setiap pelanggan atau konsumen akan memberikan kepercayaan mereka pada Anda. Jika Anda tolak maka konsumen akan pindah ke tempat lain sehingga membuat citra percetakan Anda jadi buruk. Untuk itu agar usaha percetakan anda terus berkembang dengan baik harus menerima order walaupun dalam jumlah besar dan harus berani mengambil resiko yang ada. Anggap saja order tersebut sebuah tantangan yang harus diselesaikan dalam waktu cepat. Lambat laun Anda akan terbiasa dengan tekanan order dan pada saat yang sama konsumen akan percaya pada Anda.

Jangan Malu Untuk Bertanya

Menjadi seorang pengusaha di bidang percetakan membutuhkan pengetahuan lebih pada bidang mesin cetak. Jika anda belum mengerti mengenai sistem kerja dan harga mesin cobalah untuk bertanya pada ahlinya atau kepada percetakan lain. Proses memulai usaha percetakan digital printing tidak selalu mulus, pengetahuan seputar jenis kertas, harga kertas, dan ukuran kertas harus tertanam di pikiran Anda. Namun, ada cara praktisnya agar bisa lebih fokus yakni merekrut karyawan dengan ahli di bidang percetakan.

Pahami Tahapan Produksi

Dalam proses memulai usaha percetakan digital printing membutuhkan pemahaman seputar mengenali tahapan produksi. Proses produksi dari menerima order, menganalisa, mengkalkulasi harga cetak, memperhitungkan komponen yang dibutuhkan, mengetahui proses produksi, quality control, packing, pengiriman, dan pembayaran semua harus dipahami benar oleh pemiliki percetakan. Untuk itu Anda harus memikirkan bagaimana cara menyenangkan pelanggan agar mereka mau kembali lagi, salah satunya adalah memberikan pelayanan terbaik di dalam bisnis percetakan tersebut.

Jangan Menyerah

Menjalani bisnis percetakan digital pada awalnya akan menemui berbagai masalah seputar mesin, hasil cetak, dan pelayanan konsumen. Hal tersebut sangat wajar terjadi dalam proses memulai usaha percetakan digital printing terutama bagi pemula. Selalu memberikan hasil terbaik dan buatlah satu moto untuk meyakinkan konsumen mengenai kinerja Anda. Satu lagi yang sering lupa dilakukan adalah selalu memberikan banyak pilihan kepada pelanggan seputar hasil cetak karena rata-rata konsumen lebih memilih kualitas cetak tinggi daripada yang sederhana. Namun tergantung juga dari kondisi dan situasi konsumen.

Promosi

Langkah dalam memulai bisnis percetakan selanjutnya adalah melakukan promosi dimana kegiatan ini sangat penting untuk memperkenalkan pecetakan Anda. Ada beberapa media yang bisa dilakukan yakni internet dan media cetak. Pilihlah satu media yang murah dan cepat dalam mendapatkan perhatian konsumen. Selain itu jangan lupa sediakan banner ukuran besar dan letakkan keunggulan usaha anda disana, dengan begitu orang lain akan mengetahui.

Investasi

Langkah ini dilakukan jika dalam memulai usaha percetakan digital printing sudah diluar kepala Anda. Dalam beberapa bulan atau tahun Anda akan semakin mahir menjalankan bisnis percetakan digital. Maka dari itu invesati perlu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan akan mesin dan perlengkapan lainnya.
Baca Juga : 6 Tips Sukses Usaha Telur Asin Aneka Rasa Bagi Pemula
Beberapa proses dalam memulai usaha percetakan digital printing di atas dapat dilakukan dengan benar dan tepat jika Anda mengerti seluk beluk seputar dunia percetakan. Selain itu tidak semua cara di atas anda lakukan dan masih banyak cara lainnya tergantung dari situasi dan kondisi. Sebisa mungkin gunakan cara maksimal untuk menghasilkan kualitas cetak sesuai permintaan pelanggan. Kami rasa cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga apa yang kami bagikan bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel Cara Memulai Bisnis Percetakan.