5 Usaha Sampingan Paling Cocok Bagi Mahasiswa Saat Kuliah

5 Usaha sampingan paling cocok bagi mahasiswa merupakan ulasan yang akan kami bagikan kepada pembaca yang budiman yang mana mungkin dapat bermanfaat bagi anda khususnya yang sedang kuliah dan menjadi mahasiswa. Peluang usaha untuk mahasiswa cukup terbuka lebar, banyak sekali yang dapat di lakukan saat sedang kuliah. Biasanya orang yang sedang kuliah hanya menghabiskan waktu luang untuk hal-hal yang tidak berguna seperti jalan-jalan, berkumpul komunitas, chatting berjam-jam, bbman, facebookan dan masih banyak hal lain yang kiranya tidak memberikan dampak positif bagi diri kita sendiri.

Saat anda kuliah harusnya anda mempergunakan waktu luang dengan baik, minimal belajar, mengikuti kegiatan kampus untuk menambah pengalaman, mencari  referensi ilmu di internet atau bahkan jika anda berwawasan jauh kedepan anda dapat memikirkan dan medirikan suatu usaha atau bisnis yang mana bersifat sampingan, dapat di kerjakan saat waktu luang dan yang penting tidak mengganggu kuliah anda.

Dengan menjadi wirausaha saat kuliah, anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman dan keuntungan. Dengan bisnis sampingan anda dapat membiayai kuliah anda sendiri, membayar sewa kost, untuk makan setiap hari dan bisa menabung kelak untuk masa depan. Anda tak perlu ragu meskipun sekarang anda kuliah, karena usaha yang anda jalankan bersifat sampingan dan tidak mengganggu kuliah anda.

5 Usaha Sampingan Paling Cocok Bagi Mahasiswa Saat Kuliah

Banyak sekali peluang usaha sampingan yang dapat anda jalankan sebagai seorang mahasiswa, jika anda bingung anda dapat menerapkan ilmu yang anda dapatkan saat kuliah dan anda aplikasikan ke dunia usaha anda. Seperti contoh mudahnya jika anda mengambil kuliah yang berhubungan dengan desain grafis, tidak ada salahnya jika anda membuka usaha sampingan mendesain.

Namun jika anda bingung dengan usaha yang akan anda jalankan, simak saja contoh usaha sampingan bagi mahasiswa yang dapat anda jalankan sebagai pemula yang telah kami rangkum berikut ini.

5 Contoh Usaha Sampingan Paling Cocok Untuk Anak Kuliahan


1. Usaha Sampingan Pulsa Elektrik


Usaha sampingan yang pertama yakni berjualan pulsa elektrik, biasanya usaha pulsa ini menjadi salah satu usaha paling di gemari oleh sebagian besar mahasiswa karena cukup mudah menjalankannya. Memang jika kita melihat, keuntungan dari usaha jualan pulsa elektrik tidak terlalu besar, yakni berkisar antara 500 hingga 1500 rupiah. Namun sebagai seorang yang memiliki jiwa wirausaha sejati, kecilnya keuntungan dalam 1 transaksi bukan menjadi masalah asalkan bisa melakukan transaksi yang banyak. Misalnya jika saat ini anda berjualan pulsa dengan rata-rata keuntungan per transaksi 1000 rupiah, maka jika anda dapat melakukan transaksi sebanyak 50 transaksi anda bisa meraup keuntungan sekitar 50.000 rupiah per hari, cukup banyak bukan. Yang harus anda cari adalah koneksi baik kepada teman-teman anda agar pulsa elektrik yang anda jual laku keras.

2. Usaha Sampingan Bisnis Online


Tak dapat di pungkiri lagi jika saat ini semua serba online, banyak sekali bisnis online yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Sebagai mahasiswa tentunya kita sering mendapatkan tugas dari dosen yang mana untuk mengerjakannya kita sering mencari referensi di internet, kebanyakan anak kuliahan juga memiliki laptop sendiri yang mana juga tersambung dengan internet. Nah, dengan demikian anda sudah memiliki modal yang cukup untuk menjalankan bisnis online, karena bisnis online sendiri dapat di mulai tanpa modal sekalipun asalkan memiliki laptop sendiri. Banyak sekali binsis online yang dapat kita jalankan seperti bisnis ads publising seperti ppc, cpm, cpa. Affiliate marketing, menulis artikel website/blog, menjual atau jasa pembuatan template dan masih banyak lagi. Namun sebagai pemula saya sarankan untuk memilih ads publising khususnya PPC milik Google Adsense. Anda bingung dengan bisnis online terbaik? baca saja Bisnis Online Terbaik dan Termudah.

3. Usaha Sampingan Les Privat


Inilah salah satu keuntungan menjadi anak kuliahan, berbeda dengan anak SD, SMP dan SMA, anak kuliahan atau mahasiswa telah memiliki pengalaman yang cukup untuk mengajarkan ilmu kepada orang lain khususnya untuk anak sekolahan. Jika ada seorang mahasiswa khususnya jurusan pendidikan tidak ada salahnya jika membuka usaha les privat, jika anda sekarang sedang kost maka anda dapat membukanya di kost-kostan anda, namun apabila tidak memungkinkan maka anda dapat memberikan les privat dengan cara mengunjungi rumah murid anda. Usaha sampingan mahasiswa ini cukup mudah untuk anda jalankan dan dapat di jalankan ketika sedang tidak ada jadwal kuliah.

4. Jasa Pengetikan dan Print


Usaha selanjutnya yang dapat anda geluti adalah membuka jasa pengetikan dan print dokumen, usaha ini terbilang cukup mudah serta tidak membutuhkan modal yang banyak. Tentunya jika membuka usaha pengetikan anda di wajibkan memiliki laptop atau komputer sendiri, dan pada kenyataannya hampir semua mahasiswa telah memiliki laptop sendiri. Jadi yang kurang hanya printernya saja. Untuk printer dengan kualitas bagus dapat anda beli dengan uang sekitar 500 ribuan saja. Dengan begitu kini lengkap sudah peralatan yang di butuhkan untuk membuka jasa pengetikan dan print dokumen. Anda dapat menawarkan jasa ini kepada teman-teman anda, karena kebanyakan tugas anak kuliahan adalah membuat makalah. Saya rasa akan banyak sekali teman anda yang mengandalkan jasa anda terlebih jika layanan yang anda berikan memuaskan.

5. Usaha Sampingan Sesuai Jurusan


Jika dengan ke-empat usaha sampingan di atas anda tidak merasa cocok maka usaha sampingan terakhir yang dapat anda lakukan adalah usaha sesuai dengan jurusan masing-masing. Seperti contoh jika anda merupakan mahasiswa dari Fakultas Elektro, maka anda dapat membuka usaha servis peralatan elektronik seperti Smartphone, Komputer, Laptop, Televisi, Kipas Angin dan lain-lain. Usaha ini terbilang cukup menjanjikan dengan untung yang besar. Contoh lain misalnya jika anda kuliah jurusan Otomotif, anda bisa membuka bengkel mini sendiri yang dapat anda kerjakan ketika tidak ada jadwal kuliah.

Banyak sekali jenis usaha sampingan yang bisa di kerjakan oleh seorang Mahasiswa saat kuliah, anda harus berani mengambil kesempatan yang ada hitung-hitung untuk menambah uang jajan bahkan kalau memang berhasil bisa untuk biaya kuliah sendiri.

Kami rasa cukup sekian informasi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga anda mendapatkan secarik ilmu bermanfaat dari referensi yang kami bagikan ini, sekian terimakasih telah membaca 5 Usaha Sampingan Paling Cocok Untuk Mahasiswa.
Baca Juga : 5 Langkah Awal Sebelum Membuka Usaha Sendiri