Sunday, January 18, 2015

5 Langkah Awal Sebelum Membuka Usaha Sendiri dan Menjadi Wirausaha Sukses


5 Langkah Awal Sebelum Membuka Usaha Sendiri kali ini merupakan ulasan yang akan kami bagikan kepada pembaca setia dari blog ini yang mana bertujuan memberikan informasi khususnya bagi pemula yang ingin mendirikan suatu usaha sendiri dan ingin menjadi wirausaha yang sukses. Saat ini kita mengetahui bahwa lowongan pekerjaan tak sebanding dengan pencari pekerjaan yang mana berimbas pada banyaknya pengangguran dimana-mana.

Maka dari itu dari pada kita kesulitan mencari pekerjaan, di tolak sana sini, bahkan ada yang sudah bekerja sebagai karyawan namun penghasilan selama 1 bulan masih belum cukup untuk memenuhi semua kebutuhan. Kita menyadari bahwa saat ini kebutuhan kita semakin banyak, sebagai seorang ksatria kita di tuntut mencari jalan keluar dari semua permasalahan ekonomi, salah satunya dengan berwirausaha sendiri.

5 Langkah Awal Sebelum Membuka Usaha Sendiri dan Menjadi Wirausaha Sukses

Dengan berwirausaha sendiri anda dapat memiliki banyak kesempatan untuk terus maju dan berkembang, selain itu jika anda memiliki ide kretif maka berwirausaha sendiri merupakan jalan terbaik bagi anda. Banyak sekali keuntungan yang dapat anda peroleh jika menjadi seorang wirausaha, untuk lebih jelasnya dapat anda baca pada Apa Saja Keuntungan Menjadi Wirausaha?. Lalu apa saja yang kita butuhkan dalam memulai suatu usaha?

Yang anda butuhkan sebelum melangkah sebagai wirausaha adalah memahami diri anda sendiri, dimana anda harus memahami apakah diri anda seorang pemula dalam berwirausaha, atau anda seorang yang telah lama mengenal dunia usaha namun hingga saat ini belum berhasil. Jika anda berniat menekuni dunia usaha dengan menjadi wirasaha alangkah baiknya jika anda membaca langkah awal sebelum membuka usaha sendiri berikut ini.

5 Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri dan Menjadi Wirausaha

1. Ide Usaha (Business Ideas)

Ide usaha merupakan hal terpenting sebelum memulai suatu usaha, rasanya sangat mustahil kita memulai usaha tanpa ada ide usaha sebelumnya. Mengapa ide usaha menjadi begitu penting, ini di karenakan usaha jika di awali dengan ide yang baik serta memandang jauh ke depan akan menghasilkan usaha dengan kualitas yang prima. Lalu yang menjadi pertanyaan terbesar, bagaimana kita menentukan ide usaha? Untuk menentukan ide usaha anda dapat menemukan ide itu dari rutinitas anda sehari-hari, mulai dari hobi, kegemaran, keahlian, kesukaan dan hal lainnya yang menurut anda dapat anda kuasai. Jika anda memulai suatu usaha dari hal yang anda kuasai maka usaha tersebut akan berjalan lancar bahkan saat terjadi masalah sekalipun, tentunya ini menjadi hal pokok yang harus anda pahami, "tentukan ide usaha anda sekarang juga".

2. Rencana Usaha (Business Plan)

Setelah anda berhasil menemukan ide sempurna untuk usaha yang akan anda jalani langkah selanjutnya adalah rencana usaha yang matang. Rencana usaha menjadi hal yang sangat penting untuk anda pikirkan matang-matang sebelum memulai suatu usaha, salah satu masalah yang akan timbul jika anda mengabaikan Business Plan adalah kekacauan di tengah usaha yang berakibat pada kemunduran bahkan kegagalan usaha anda. Mengapa saya katakan sangat penting disini, ini karena rencana usaha memiliki banyak sekali keuntungan untuk usaha anda. Keuntungan yang pertama adalah anda dapat mengetahui kemana arah dan tujuan dari usaha anda, meskipun usaha anda bersifat mikro(kecil) namun dengan arah serta tujuan yang pasti, usaha anda akan cepat maju dan berkembang. Keuntungan yang kedua, dengan rencana usaha yang matang anda dapat menentukan berapa modal awal serta penghasilan yang kelak anda dapatkan dari usaha anda, dengan perencanaan yang baik tentunya anda dapat meminimalisir biaya pengeluaran namun dengan penghasilan yang maksimal.

3. Survei (Observations Environment)

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah survei atau pengamatan lingkungan sekitar. Lalu apa kegunaan dari survei ini? apakah wajib untuk di lakukan?
Jika kita melihat dari segi keuntungan yang di dapat tentunya survei sangat wajib untuk di lakukan. Survei atau pengamatan di lakukan untuk mengetahui kondisi konsumen, lingkungan sekitar, lokasi usaha, pesaing, target penjualan, pemasaran dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Dengan survei anda juga dapat mengetahui banyak hal serta peluang berkembang tidaknya usaha anda. Jika anda mendirikan usaha dengan lingkungan yang mendukung serta minim pesaing maka dapat di pastikan jika usaha anda siap meroket dan bersiaplah menjadi seorang pengusaha sukses.

4. Persiapan Usaha Dengan Baik (Preparation of Business)

Semua itu butuh persiapan, sebelum belajar persiapan yang harus kita lakukan adalah berdoa, sebelum menikah persiapan yang kita lakukan adalah meminta restu dari orang tua, nah begitu pun sebelum membuka usaha, anda harus memiliki persiapan yang benar-benar matang. Persiapan seperti izin mulai dari SITU, SIUP dan izin-izin lainnya yang masih terkait harus di persiapkan dengan baik, selain itu jika anda membuka usaha yang mana cukup besar maka anda membutuhkan banyak karyawan, persiapkan karyawan anda, anda juga tidak boleh lupa mempersiapkan modal, administrasi usaha, alat-alat, mesin, fasilitas dan juga logo atau nama dari perusahaan anda.

5. Memulai Usaha (Action)

Setelah anda selesai dengan ke-empat langkah memulai usaha di atas, kini saatnya anda action. Action atau memulai usaha merupakan langkah terakhir untuk anda yang mana setelah anda memulai action berarti anda telah siap memasuki gerbang persaingan usaha dengan orang atau perusahaan lain yang mana ini menentukan berkembang tidaknya usaha anda.

Sebagai seorang pemula khsususnya dalam bidang berwirausaha memulai suatu usaha memang terasa sangat berat, ada saja hal yang menggangu pikiran sehingga menjadi hambatan untuk segera memulai usaha. Namun jika anda seperti itu terus kapan majunya, bangkitlah dan buang semua pikiran negatif dari pikiran anda, berjuanglah dalam mendirikan usaha dan jangan pernah menyerah sampai anda berhasil.

5 langkah awal sebelum memulai usaha di atas patut anda perhatikan dan alangkah lebih baiknya jika anda lakukan. Cukup sekian kiranya yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, ingatlah apapun usaha yang anda jalankan harus halal dan bermanfaat untuk orang banyak, tidak serta merta kita mencari keuntungan namun tidak bermanfaat untuk orang lain. Sekian info kali ini, semoga saja bermanfaat dan terimakasih telah membaca 5 langkah awal sebelum menjadi wirausaha.
Baca Juga : Usaha Di Desa Yang Paling Menguntungkan