11 Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Toko Online Shop

Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Online Shop - Target utama setiap bisnis adalah mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Ragam cara kemudian dilakukan demi menggapai tujuan tersebut. Bagi pelaku bisnis melalui toko online, maka fokus utama untuk memenuhi target keuntungan yang besar adalah bagaimana meningkatkan penjualan produk yang sedang di jualnya.

Banyak sekali cara yang bisa di lakukan mulai dari yang berbayar ke pihak ketiga seperti Google Adwords untuk beriklan sampai dengan cara gratisan seperti meningkatkan kualitas dari toko online itu sendiri. Selain itu cara umum lainnya yang sering di gunakan ialah dengan promosi melalui media sosial seperti Instagram, Twitter dan juga Facebook.

11 Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Toko Online Shop

Peningkatan penjualan bisnis toko online tidak serta merta terpancang pada produk dan layanan terbaru saja. Akan tetapi lebih dari itu, banyak faktor yang yang mendukung peningkatan penjualan dalam bisnis toko online. Apa saja cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis toko online itu? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Bisnis Toko Online


1. Pelayanan Kepada Pelanggan Lama

Strategi terbaik dalam menaikkan penjualan adalah dengan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan lama. Pelanggan lama merupakan asset potensial bagi sebuah bisnis. Sebab mereka sedikit banyak telah mengetahui eksistensi toko dan pernah bertranksaksi di dalamnya. Sehingga tidak memerlukan investasi lagi seperti halnya saat mencari pelanggan baru.

Cara yang bisa dilakukan adalah tetap berkomunikasi dengan baik dan memanfaat semua kontak yang dimiliki sebagai sarana untuk melakukan penawaran maupun promo. Baik melalui news letter lewat email, broadcast melalui BBM, Whatapps, Line dan media online lainnya seperti facebook, twitter dan sebagainya. Bisa pula memanfaatkan harga hot deal untuk tetap menjaga komunikasi transaksional dengan mereka.

2. Menambahkan Produk Terlaris

Lakukan identifikasi produk terlaris dalam periode tertentu. Kemudian lihat perkembangan untuk beberapa bulan ke depan. Jika masih menjanjikan, segera atur ketersediaan produk terlaris menjadi lebih banyak. Tidak ada salahnya pula menyediakan promo berupa reward, bonus, voucher pembelian dan potongan harga pada jumlah minimal pembelian tertentu. Hal ini bertujuan untuk mengikat pelanggan agar tidak berpaling ke toko online yang lainnya.

Anda bisa pula mengintip toko online pesaing terkait dengan produk terlaris dan promo yang menarik bagi pelanggan yang mereka tawarkan. Jika telah mengetahuainya, lakukan ide lebih kreatif dan inovatif agar bisa bersaing lebih baik.

3. Mendapatkan Pelanggan Baru

Pelanggan baru adalah asset potensial yang layak diperjuangkan. Sebab bukan tidak mungkin, dari sekian pelanggan baru yang ada, terdapat pelanggan yang sangat potensial memberikan keuntungan yang berlipat bagi bisnis toko online Anda. Beberapa hal yang bisa dikembangkan untuk mendapatkan pelanggan baru adalah dengan cara membuka program reseller, perekrutan antar anggota dengan insentif atau biasa disebut sebagai referral, memanfaatkan iklan online terpercaya seperti Google Adsense dan Facebook Ads dan sebagainya.

4. Ekspansi Produk

Inilah strategi meningkatkan penjualan online shop paling meyakinkan untuk mempercepat perkembangan sebuah bisnis. Jika memang telah memiliki kesiapan bisnis, baik investasi, pengelolaan, manajemen dan SDM telah tersedia, ada baiknya melakukan perluasan bisnis. Namun tentu saja akan menimbulkan celah biaya operasional yang semakin besar. Akibatnya harga produk sedikit dinaikkan untuk menutup biaya pengeluaran tersebut. Sehingga harus bijak saat menetapkan kenaikan harga produk agar pelanggan tidak berpaling.

5. Perbanyak Pilihan Produk

Calon pelanggan sangat senang melihat banyaknya varian dan jenis produk yang beragam dan komplit. Sehingga memudahkan baginya untuk memilih dan mencari referensi produk yang sesuai dengan keinginannya.

6. Layanan Fast Respons

Pelanggan lebih menyukai toko online yang cepat tanggap dalam merespon setiap pesanan yang masuk. Untuk itu, pastikan Anda segera merespon setiap komunikasi dalam bentuk apapun baik pemesanan, pertanyaan, komentar, saran, kritik dan sebagainya. Layanan cepat tanggap seperti ini membuat pelanggan merasa sangat diperhatikan dan merasa nyaman. Efeknya, pelanggan makin merasa nyaman dan tidak mudah tergoda produk sama yang dijual di toko online yang lain. Jika dibutuhkan, Anda bisa menyewa admin untuk tetap online setiap saat untuk merespon setiap transaksi yang ada.

7. Permudah Cara Bertransaksi

Prilaku belanja setiap orang berbeda-beda. Maka, siapkan metode pembayaran yang lengkap agar pelanggan merasa nyaman, seperti rekening bank yang komplit, layanan pembayaran melalui kartu kredit, hingga transfer secara online misalnya Paypal dan sebagainya. Kelengkapan metode transaksi ini membuat pelanggan makin betah. Sebab paradigma orang yang belanja online adalah terkait dengan kemudahan layanan dalam bertransaksi.

8. Optimasi Website Toko Online

Sebagian besar orang-orang memanfaatkan searching Google untuk mendapatkan informasi ataupun produk yang mereka cari. Sehingga posisi website di halaman pencarian amatlah penting. Jangan sampai website toko online kita tidak mudah ditemukan hingga lebih dari halaman 10 di Google Search. Untuk itu harus dioptimasi agar bisa terpampang di halaman awal Google. Gunakan optimasi SEO seperti riset keyword, nama domain, backlink, meta tags descriptions dan lain sebagainya.

9. Desain Menarik dan Mobile Friendly

Tampilan website dipermak sedemikian rupa agar terlihat menarik. Tata letak antar muka mudah diakses dan tidak membingungkan. Pastikan pula template yang dipakai sudah mobile friendly atau mudah diakses melalui handphone, mengingat gaya hidup sekarang banyak yang memanfaatkan smartphone untuk beberapa aktifitas sehari-hari, termasuk salah satunya adalah berbelanja online.

10. Server Website Yang Cukup

Sebagai kesiapan jika sewaktu-waktu banyak calon pelanggan yang mengakses website toko online, maka segera tingkatkan kemampuan server. Beli hosting dengan kapasitas dan bandwidth yang besar. Hal ini untuk mengantisipasi pelanggan membludak di waktu-waktu hari-hari tertentu seperti Hari Raya Lebaran. Jangan sampai pelanggan kesal gara-gara website selalu gagal diakses karena kelebihan muatan.

11. Beriklan di Google Adwords

Dari 10 cara di atas, memang bisa meningkatkan jumlah penjualan online shop namun dengan cara perlahan. Jika anda ingin mendapatkan banyak pengunjung tertarget di toko online anda maka bisa menggunakan jasa iklan milik Google yakni Adwords. Karena iklan yang nantinya keluar baik pada pencarian Google maupun situs yang nantinya menampilkan iklan sebagian besar tertarget. Biaya iklan di Google Adword pun sangat terjangkau, mengingat kita bisa menentukan sendiri berapa nilai iklan yang ingin kita tampilkan.
Baca Juga : Kesalahan Fatal Penghambat Bisnis Toko Online, Wajib Baca!
Bisnis toko online memang sangat menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Begitu pula sebaliknya, toko online dapat menjadi sebuah bisnis paling buruk  dan tidak menutup kemungkinan juga memberikan kerugian yang besar jika tidak dikelola dengan benar. Beberapa cara untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis toko online di atas bisa dijadikan bahan rujukan tambahan agar bisnis toko online berkembang dan sukses. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini dan terimakasih sudah membaca ulasan Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online.