Tips Sukses Promosi Via Sosial Media Untuk Pemula

Tips Bagaimana Promosi di Sosial Media - Salam sukses untuk kita semua, di kesempatan kali ini seribupeluang akan berbagai info seputar promosi di media sosial. Siapa sih saat ini yang tidak tahu media sosial, mungkin dulu di tahun 2000an masih awam sekali istilah media sosial. Bahkan facebook pun masih belum di temukan waktu itu. Kini di tahun 2017 ke atas banyak sekali media sosial yang bermunculan, sebut saja facebook, instagram, BBM, WA, Line, Twitter dan masih banyak lagi.

Mengapa harus promosi melalui media sosial? jawabannya adalah siapa sih yang saat ini tidak memiliki facebook, BBM, Instagram dan media sosial lainnya? hampir setiap pengguna gadget menggunakan media sosial tersebut, dengan jumlah pengguna jutaan orang dari seluruh dunia, rasanya sangat wajar jika promosi melalui media sosial.

Tips Sukses Promosi Via Sosial Media Untuk Pemula

Selain mudah dan efektif, media sosial juga menghubungkan orang dari lintas golongan dan daerah. Mau orang kaya, orang belum kaya, orang ganteng sampai yang belum ganteng semua bisa bersinegri dalam menjalin komunikasi. Lebih-lebih promosi melalui media sosial bisa di lakukan secara gratis. Nah, ini yang di sukai para pebisnis pemula.

Meskipun peluangnya begitu besar, banyak juga orang yang promosi via media sosial namun tidak memberikan efek sama sekali terhadap usaha yang di jalankan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kreatifitas atau salah dalam mengambil langkah. Maka dari itu penting bagi kita belajar promosi di media sosial agar bisa memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya.

Lantas bagaimana cara promosi via media sosial yang benar, ulasan berikut ini mungkin akan membantu sedikit pertanyaan anda dan sebagai tambahan informasi.

Tips Sukses Promosi Via Sosial Media Untuk Pemula


1. Follower Berkualitas

Follower atau pengikut merupakan salah satu faktor terpenting yang menentukan berhasil tidaknya promosi yang kita lakukan, karena promosi ini adalah bagaimana cara kita menjangkau orang banyak. Jadi semakin banyak follower maka semakin bagus terhadap produk yang di pasarkan. Permasalahannya sudah berkualitas kah follower yang kita miliki? Karena banyak akun yang memiliki follower ribuan namun di dapatkan dengan cara membeli kepada jasa follower. Percuma memiliki 10 ribu follower jika tidak natural. Lebih baik 1 ribu follower natural yang mengikuti akun kita karena memang tertarik dengan produk kita.

Lantas bagaimana untuk menambah jumlah follower? tentu saja kita harus aktif dalam membagikan konten atau info bermanfaat, selalu membalas komentar jika di perlukan. Pastikan juga konten yang di bagikan sesuai dengan bisnis atau produk yang di jual. Dengan demikian promosi yang di lakukan bisa tepat sasaran dan berjalan dengan baik.

Jika kita sudah memiliki follower natural dengan jumlah banyak, maka promosi bisa di lakukan setiap saat dengan hasil yang memuaskan. Tentu saja dengan jangkauan yang luas, kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

2. Cari Tahu Apa Yang Di Butuhkan Calon Konsumen

Terkadang untuk mendapatkan konsumen kita harus mengerti apa yang di butuhkan konsumen. Sembari aktif dalam membangun hubungan dengan para netizen, kita juga harus mencari tahu apa yang di inginkan netizen, kita juga bisa belajar jenis promosi yang bagaimana yang tepat sasaran.

Cara yang bisa di lakukan pun cukup beragam, mulai dari menelaah komentar-komentar yang masuk ke akun media sosial kita sampai konten seperti apa yang sering mereka bagikan.

3. Butuh Proses, Bisa Instan Asal Bayar

Promosi di media sosial itu butuh proses, tidak bisa instan kecuali anda mau membayar. Membayar apakah itu? tentu saja membayar untuk beriklan di media sosial tersebut. Dengan beriklan, maka pihak media sosial yang akan membantu mempromosikan produk anda. Untuk saat ini hampir semua media sosial mendukung periklanan, seperti facebook, instagram, BBM dan masih banyak lagi.

4. Lintas Media Sosial

Promosi yang di lakukan pada 1 media sosial saja, rasanya masih kurang wah. Belum lagi tidak semua orang menggunakan media sosial facebook misalnya. Ada yang lebih suka menggunakan instagram, ada yang suka twitter, ada yang lebih suka line dan masih banyak lagi. Sehingga jika kita promosi di banyak media sosial, secara tidak langsung juga menjangkau banyak orang.

Agar akun kita terbranded, nama akun harus sama antara media sosial yang satu dengan lainnya. Semisal akun anda bernama "kaosbandung", maka pastikan semua akun media sosial juga mengusung nama yang sama.

5. Diskusi dan Berikan Solusi Jika Perlu

Sangat penting memperhatikan follower atau pengguna yang lainnya, saat ada yang di tanyakan maka menjawab pertanyaan merupakan hal yang perlu di lakukan. Karena jika ada yang bertanya, berarti mereka membutuhkan jawaban.

Untuk lebih mudahnya, sediakan kontak yang mudah di hubungi. Mulai dari WA, Facebook, Telp, Email dan lain sebagainya. Dengan dukungan komunikasi yang lengkap, calon konsumen akan di mudahkan.
Baca Juga : Contoh Usaha Agen Yang Menguntungkan dan Laris Manis
Itulah beberapa tips yang mungkin bisa menjadi tambahan informasi bermanfaat agar promosi yang kita lakukan tepat sasaran. Intinya saat promosi ambil hati konsumen dengan kepercayaan, jangan sampai berbohong baik dengan produk palsu atau deskripsi palsu. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak tips cara sukses promosi di media sosial.