Usaha Toko ATK dan Fotocopy Beserta Tips Memulainya

Usaha Toko ATK dan Fotocopy merupakan jenis usaha yang bisa di coba saat ini. Usaha ini sangat cocok di jalankan bagi siapa saja karena sebenarnya memulai usaha ini tidak harus membutuhkan modal yang besar. Dengan modal awal sekitar 5 - 10 jutaan saja anda sudah bisa memulai usaha ini dengan keuntungan sekitar 20-30 persen dari omset pendapatan.

Usaha ATK dan Fotocopy memiliki prospek yang cemerlang dan tidak akan pernah surut mengingat saat ini jumlah populasi penduduk terus meningkat. Selain itu jumlah pelajar dan karyawan terus mengalami peningkatan sehingga dapat di pastikan jika kebutuhan akan alat tulis dan jasa fotocopy terus meningkat.

Usaha Toko ATK dan Fotocopy Beserta Tips Memulainya

Bisnis ATK dan fotocopy ini memiliki banyak kelebihan, seperti harga produk yang stabil, barang yang di jual tidak mudah kadaluarsa dan juga sangat mudah di jalankan. Nah, bagi anda yang benar-benar tertarik memulai usaha ATK dan fotocopy bisa membaca beberapa tips berikut ini yang mana mungkin bermanfaat bagi pembaca.

Tips Memulai Usaha Toko ATK dan Fotocopy


1. Pilih Lokasi Yang Strategis

Lokasi yang strategis tentu di butuhkan jika memulai usaha ini, minimal tempat usaha ini harus ramai. Namun lokasi terbaik dari usaha ini tentu saja dekat dengan lembaga seperti perkantoran, universitas dan juga sekolahan.

2. Lengkapi Barang Yang di Jual

Semakin lengkap barang yang anda jual tentu semakin baik. Barang yang bisa di jual sangat beragam seperti pulpen, buku, penggaris, stabillo, rautan, jangka, staples, sampul buku, amplop, kertas, penghapus dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan ATK.

3. Lengkapi Juga Dengan Jasa Fotocopy

Kurang lengkap rasanya apabila usaha toko ATK tanpa di lengkapi dengan jasa fotocopy. Harga mesin fotocopy memang cukup mahal, namun saat ini anda tak perlu membeli mesin fotocopy, anda bisa menyewa kepada perusahaan yang menyediakan jasa sewa mesin fotocopy. Pastikan jika anda menyewa mesin fotocopy yang tepat, kalau bisa yang sudah lengkap dengan teknologi terbaru.

4. Harga Barang dan Harga Jasa Fotocopy

Untuk harga sebaiknya di sesuaikan dengan lokasi atau mayoritas konsumen anda. Apabila kebanyakan konsumen adalah pelajar dan mahasiswa, maka sebaiknya anda memberikan harga yang terjangkau. Namun apabila kebanyakan pelanggan adalah masyarakat umum atau bahkan orang kantoran maka anda bisa memberikan tarif yang lebih tinggi. Semua tergantung anda, intinya semakin murah harga semakin banyak orang yang tertarik.

Agar anda bisa menjual barang dengan harga yang terjangkau, sebaiknya anda membeli barang dari distributor besar karena jelas harga lebih murah dari pada anda membeli barang pada distributor kecil.
Baca Juga : Tips Sukses Usaha Fotocopy Modal Kecil Untuk Pemula

5. Fasilitas Tambahan

Ketika usaha fotocopy anda ramai pasti banyak orang yang mengantri, agar konsumen tidak bosan, anda bisa memberikan fasilitas tambahan seperti radio atau bahkan televisi. Selain itu anda juga harus menyediakan ruang tunggu yang di lengkapi dengan kursi duduk dan kipas angin agar tidak panas. Yang penting, usahakan konsumen anda betah.

6. Strategi Pemasaran

Tips terakhir ini jangan sampai anda lewatkan, yakni strategi pemasaran yang tepat. Anda bisa promosi dengan cara memasang spanduk atau banner di depan usaha fotocopy anda. Selain itu anda juga bisa memberikan harga promo seperti di awal bulan dan akhir bulan. Selain itu anda juga bisa memberikan harga diskon kepada konsumen yang membeli atau mengfotocopy dengan jumlah yang besar.
Baca Juga : 10 Contoh Bisnis Menguntungkan di Bulan Ramadhan
Itulah beberapa tips usaha fotocopy ini, usaha ini jelas memiliki prospek yang cemerlang baik saat ini maupun di masa depan. Semoga saja bermanfaat bagi pembaca di rumah, sekian dan terimakasih sudah membaca Usaha Toko ATK dan Fotocopy Modal Kecil.