Peluang Usaha Di Musim Mudik Lebaran Yang Menguntungkan

Peluang Usaha di Musim Mudik Lebaran - Mudik merupakan kebiasaan orang Indonesia yang tidak bisa di lepaskan hingga saat ini. Mudik memiliki arti pulang ke kampung halaman ketika libur lebaran tiba. Lebih tepatnya mudik di lakukan di bulan ramadhan sekitar 2 minggu hingga 1 hari sebelum lebaran tiba. Selain itu juga ada arus balik mudik, yakni dimana orang kembali dari kampung halaman ke kota tempat bekerja atau tinggal.

Ternyata di balik itu semua, fenomena mudik juga bisa menjadi ladang uang terutama bagi orang yang mau mencari kesempatan ketika musim mudik datang. Mungkin saat ini adalah musim yang tepat bagi anda untuk memulai bisnis musim mudik lebaran yang satu ini.

Peluang Usaha Di Musim Mudik Lebaran Yang Menguntungkan

Memang usaha ini tergolong usaha musiman sehingga tidak bisa di jalankan sepanjang tahun, hanya saja keuntungan selama kurang lebih 2 minggu cukup menggiurkan dan uang yang di hasilkan bisa anda gunakan untuk lebaran entah itu membeli pakaian, makanan dan lain sebagainya. Nah, bagi anda yang tertarik dengan usaha musim mudik lebaran bisa membaca beberapa contohnya berikut ini.

Peluang Usaha Di Musim Mudik Lebaran Yang Menguntungkan


1. Usaha Jasa Sewa Mobil (Rental)

Bisnis yang satu ini sangat menjanjikan mengingat potensi penghasilan cukup besar meskipun kita tidak melakukan apa-apa. Bisnis rental mobil di saat musim mudik menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang memiliki mobil menganggur. Banyak orang yang lebih memilih menyewa mobil dari pada naik kendaraan umum. Selain lebih nyaman dan aman, membawa mobil ketika pulang ke kampung halaman memiliki makna tersendiri.
Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Rental Mobil Yang Menguntungkan

Karena mobil anda di sewa untuk mudik, biasanya di sewa lebih dari 2 hari, bisa 3 hari, seminggu bahkan sebulan. Jika anda menentukan harga sewa 1 juta per hari, maka jika ada yang menyewa selama 7 hari, anda akan mendapat keuntungan sebesar 7 juta rupiah. Namun semua tergantung dari jenis mobil yang anda sewakan, semakin bagus semakin mahal pula harga sewanya.

2. Usaha Jasa Sewa Sopir

Usaha yang satu ini pada umumnya masih sepaket dengan usaha jasa rental mobil. Namun tidak semua orang yang bisa menyetir memiliki mobil, sehingga anda bisa menawarkan jasa menjadi sopir ketika musim mudik datang. Selain itu anda juga bisa mengkoordinir sopir lain untuk menjadi sopir, anda tinggal mencari konsumen yang mau mudik. Dengan kata lain anda menjadi penghubung antara sopir dengan konsumen. Tentunya anda akan menerima komisi dari usaha yang satu ini.

3. Usaha Penitipan Kendaraan

Ketika musim mudik, maka banyak orang yang meninggalkan rumah dan pulang ke kampung halaman dengan waktu yang lama. Banyak orang yang merasa tidak nyaman dan takut apabila kendaraannya hilang. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika anda memulai usaha penitipan kendaraan ketika musim mudik tiba. Penghasilan anda cukup lumayan, namun dengan catatan banyak orang yang menitipkan kendaraan kepada anda.

Jika dalam 1 hari, tarif penitipan adalah 5 ribu, maka dalam 10 hari saja anda mendapat keuntungan sebesar 50 ribu. Itupun hanya dari 1 kendaraan, bagaimana jika lebih?

4. Usaha Penitipan Hewan

Sama halnya dengan kendaraan, hewan peliharaan terkadang tidak bisa kita ajak mudik. Maka dari itu, anda bisa membuka usaha dadakan penitipan hewan. Yang terpenting, anda harus tahu perawatan dan makanan dari hewan tersebut. Jangan sampai hewan tersebut kurus, terserang penyakit bahkan mati.

Selain itu anda juga harus terpecaya agar orang lain mau menitipkan hewan kesayangan kepada anda. Selama anda bisa menjalankan usaha ini maka keuntungan yang bisa anda dapatkan cukup banyak.

5. Usaha Jasa Tempat Peristirahatan

Usaha yang satu ini sangat potensial untuk di jalankan, tetapi usaha ini hanya cocok di jalankan apabila rumah anda dekat jalan yang di lalui pemudik. Seperti jalur pantura, jalur lintas selatan dan lain sebagainya. Tentu saja banyak orang yang kelelahan dan butuh istirahat ketika mudik.

Anda bisa membuat tempat istirahat yang sederhana, selain itu untuk mendapat uang anda bisa menjual berbagai kebutuhan para pemudik seperti makanan, minuman, jajan, toilet dan beberapa kebutuhan lain yang berhubungan dengan kendaraan.
Baca Juga : Usaha Toko ATK dan Fotocopy Beserta Tips Memulainya
Itulah 5 contoh usaha yang bisa anda coba di musim mudik lebaran. Usaha di atas jelas sangat di cari para pemudik, namun semua tergantung dari lokasi dan kepadatan penduduk. Apabila anda menjalankan usaha ini di kota besar seperti Jakarta, maka dapat di pastikan jika usaha ini sangat potensial. Semoga bermanfaat ulasan Usaha Di Musim Mudik Lebaran Yang Menguntungkan.