Peluang Bisnis Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah dan Wisata

Usaha Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah - Selamat datang pembaca dari blog seribupeluang ini, salam sukses untuk kita semua. Kali ini kami akan membagikan sebuah referensi usaha yang berkaitan dengan kuliner yakni bisnis pusat makanan oleh-oleh khas daerah ataupun khas wisata.

Siapapun pasti pernah mengunjungi tempat, daerah atau tempat wisata. Entah itu sendiri, bersama teman maupun bersama keluarga. Anda pasti ingat bukan apabila pulang dari tempat tersebut pasti membeli oleh-oleh atau sekedar souvenir. Biasanya kita membeli oleh-oleh berupa makanan khas dari daerah tersebut dan kita bagikan kepada keluarga tercinta.

Peluang Bisnis Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah dan Wisata

Nah, melihat hal tersebut tentunya terdapat peluang yang sangat besar untuk memulai usaha pusat oleh-oleh khas daerah. Usaha ini bisa di mulai sesuai modal yang ada, tidak harus besar kok. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal 1-2 jutaan dengan skala kecil, namun semakin banyak modal maka semakin baik.

Mungkin yang perlu di perhatikan ialah lokasi usaha anda, karena usaha ini bisa di jalankan di daerah yang masuk kategori tujuan wisata atau daerah budaya. Berikut ini beberapa hal yang harus anda ketahui tentang bisnis makanan oleh-oleh khas daerah. Sebelumnya kami juga telah membagikan referensi Contoh Peluang Usaha di Kota Pariwisata Prospek Menjanjkan

Peluang Bisnis Makanan Khas Daerah dan Tempat Wisata


1. Lokasi Usaha

Hal pertama yang harus anda lakukan ialah menentukan lokasi yang tepat. Karena ini usaha kuliner dengan latar belakang makanan khas daerah maka anda harus memilih lokasi usaha yang benar-benar strategis. Apabila anda berada di daerah wisata maka anda bisa menjual di pinggir jalan, di tempat wisata tersebut, terminal dan lain sebagainya. Intinya lokasi sangat berpengaruh terhadap bisnis makanan khas daerah ini.

2. Jenis Makanan

Jenis makanan yang harus anda jual ialah makanan khas dari daerah tempat anda membuka usaha. Sebagai contoh apabila anda membuka usaha ini di daerah Yogyakarta maka anda bisa menjual aneka makanan seperti Yangko, Bakpia Pathok dan Geplak. Semakin banyak jenis makanan yang anda jual maka semakin banyak pula konsumen yang akan membeli di toko pusat oleh-oleh makanan anda.

3. Harga Makanan

Pusat oleh-oleh dengan harga yang murah akan di serbu orang banyak. Ini sudah bukan rahasia lagi, bahkan kita pun saat membeli oleh-oleh pasti mencari pusat oleh-oleh dengan harga yang murah. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda menjual makanan oleh-oleh dengan harga yang murah atau sesuai harga pasaran.

4. Promosi

Hal terpenting yang perlu anda terapkan ialah strategi promosi yang benar dan tepat sasaran. Promosi memiliki pengertian memberitahukan pusat oleh-oleh kita kepada orang banyak. Dan promosi bisa anda lakukan dengan berbagai cara berikut ini.
- Kerjasama : Anda bisa kerjasama dengan biro perjalanan/sarana trasportasi yang biasanya membawa para wisatawan. Dengan begitu penjualan makanan khas oleh-oleh di tempat anda akan terus meningkat.
- Atribut : Atribut ini di gunakan sebagai media promosi, atribut sangat banyak macamnya seperti brosur, banner dan papan nama. Semakin terlihat jelas papan nama atau banner dari usaha anda maka semakin besar peluang anda untuk menggaet konsumen.
- Media Sosial : Saat ini promosi bisa di lakukan secara online menggunakan media sosial seperti twitter, facebook bahkan sebuah website.
Baca Juga : Tips Sukses Memulai Usaha Pizza Modal Kecil
Promosi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bisnis kuliner makanan khas daerah. Dengan promosi yang tepat dan strategi pemasaran yang tepat sasaran dapat di pastikan usaha anda akan cepat berkembang. Kami rasa cukup sekian pada pembahasn bisnis kali ini, saya ucapkan terimakasih telah membaca Bisnis Makanan Oleh-Oleh Khas Daerah.