Roni Dwi, Raup Jutaan Rupiah Dari Potongan Bambu

Seribupeluang.blogspot.com - Inspirasi bisnis bisa datang kapan saja dan dari arah mana saja, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari, bahkan dalam kondisi yang tak terduga pun kita bisa menemukan sebuah inspirasi bisnis dan usaha.

Seperti Saudara Roni Dwi Wijayanto misalnya, warga Desa Pehkulon, Kecamatan Papar Kabupaten Kediri ini berhasil memulai bisnis dari potongan bambu yang sudah tidak terpakai lagi. Dimana saudara Roni sudah dua tahun menekuni usaha dari potongan bambu ini.

Raup Jutaan Rupiah Dari Potongan Bambu
Image By Kompas.com
Inspirasi usaha tersebut datang ketika Dia sedang makan di dapur rumah sederhananya yang berada di kampung, dimana saat makan Dia sambil menjaga api di tungku agar tetap menyala dengan memasukkan aneka kayu dan bambu yang sudah tidak terpakai. Suatu saat saudara Roni ini merasa gelisah dan sayang sekali apabila potongan bambu ini menjadi abu yang tidak berguna. Nah dari situlah Dia berpikir bagaimana agar potongan bambu yang banyak ini bermanfaat.

Akhirnya Roni menemukan sebuah ide untuk membuat lampu hias berbahan dasar bambu. Hasil karyanya tersebut lambat laun mendapat perhatian dari lingkungan di sekitar rumahnya bahkan banyak yang memesan untuk di buatkan lampu hias, Mulai dari situlah Dia memutuskan untuk membuat lampu hias secara massal untuk di jual.

Seiring berjalannya waktu, Roni terus berupaya mengembangkan karyanya dengan menambah model dan ragam dari lampu hias, hasilnya saat ini Roni bisa meraup keuntungan hingga 5 juta perbulan. Untuk harga setiap kerajinannya di bandrol dengan harga yang berbeda, tergantung dari jenis serta kerumitan dalam pembuatannya, mulai dari Rp. 25.000 hingga Rp. 250.000.

Hingga saat ini Roni menuturkan apabila sudah ada 10 macam model lampu yang terdiri dari lampu hias tempel dan lampu hias duduk. Kerajinannya semakin populer seiring kerapnya mengikuti pameran-pameran Usaha Kecil Menengah (UKM)

Kini Roni yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan tetap sudah bisa mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Dia berharap kedepannya usaha yang di rintisnya semakin besar, banyaknya bahan baku serta tenaga kerja yang melimpah membuat Roni memiliki mimpi besar untuk bisa mengekspor kerajiannya ke luar negeri.

Selain berkarya pada lampu hias, Roni juga mulai melebarkan usahanya dalam hal pembuatan bangunan seperti rumah makan dan kafe yang berasal dari bambu juga, bahkan kursi dari bambu juga Dia produksi. Untuk saat ini kendala yang di temui hanya 1, yakni terbatasnya peralatan.

Pelajaran Yang Bisa Kita Petik :

Dari kisah saudara Roni di atas dapat kita jadikan sebagai bahan inspirasi apabila sebuah ide usaha dapat muncul kapanpun bahkan dari hal yang tak terduga, asalkan kita cermat dalam memahami lingkungan sekitar, selain itu usaha, kerja keras dan tidak mudah menyerah merupakan hal yang harus kita lakukan untuk menggapai kesuksesan.

Itulah kisah inspiratif usaha yang dapat kami bagikan, di lain kesempatan akan kami bagikan kisah inspirasi lainnya, sekian semoga memotivasi, salam sukses telah membaca Raup Jutaan Rupiah Dari Potongan Bambu.