9 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Jus Buah di Pinggir Jalan

9 Cara Sukses Usaha Jualan Jus - Usaha di bidang kuliner memang sangat potensial untuk di jalankan, tak heran jika kebanyakan usaha di dunia usaha adalah usaha di bidang kuliner. Mulai dari menjual makanan, minuman, kue, makanan ringan, es cream dan lain sebagainya. Tak perlu jauh-jauh, di sekitar rumah kita saja pasti banyak sekali usaha kuliner contohnya usaha bakso yang memang mudah di temui di pelosok negeri. Kesimpulannya usaha di bidang kuliner memang sangat menjanjikan mengingat kuliner atau makanan merupakan kebutuhkan pokok bagi makhluk hidup.

Salah satu usaha kuliner minuman yang populer belakangan ini adalah jus buah. Alasan mengapa jus buah banyak di cari karena saat ini sudah banyak orang yang sadar apabila minuman instan yang banyak di jual di toko-toko mengandung banyak zat kimia berbahaya. Maka dari itu banyak orang yang beralih ke minuman sehat seperti jus buah ini. Jus buah juga memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan tubuh karena jus buah mengandung banyak gizi yang di butuhkan tubuh. Untuk orang yang sedang diet juga sangat bagus mengonsumsi jus buah sebagai pengganti minuman ringan atau bahkan nasi.

9 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Jus Buah di Pinggir Jalan

Lantas bagaimana sih cara memulai bisnis yang satu ini, apa saja yang di butuhkan dan berapa kisaran modal yang di butuhkan? untuk lebih jelasnya simak saja referensi tips sukses usaha jualan jus buah berikut ini. Kami dari seribupeluang sudah menyediakan sekitar 9 langkah mudah memulai usaha ini.

9 Tips Sukses Memulai Usaha Jualan Jus Buah


1. Analisa Modal Awal

Berapa sih modal yang di butuhkan? sebenarnya bicara masalah modal tidak akan ada habisnya, mengingat modal itu tergantung dari jenis usaha yang di jalankan. Saran kami jika modal anda memang sedikit, maka alangkah baiknya jika memulai usaha dengan skala kecil. Untuk usaha jus buah sendiri yang di jalankan di pinggri jalan anda bisa membuka kios kecil-kecilan. Selanjutnya segala peralatan mulai dari blender, buah, susu, gelas, plastik, tempat duduk dan lain sebagainya. Mungkin dengan modal 2-5 jutaan saja sudah cukup.

Jangan terlalu pusing memikirkan modal awal, mulai saja dulu dari  yang kecil-kecilan. Barulah keuntungan di kemudian hari di gunakan untuk memperbaiki kualitas atau bahkan membuka cabang baru.

2. Lokasi Strategis

Pembahasan klasik tapi memang menentukan sukses tidaknya suatu usaha. Memilih lokasi usaha memang sangat penting, karena dengan lokasi yang tepat usaha akan mudah di jangkau dan mudah mendapatkan konsumen. Sesuai judul di atas lokasi yang terbaik ialah di pinggir jalan. Tentu tidak semua pinggir jalan memenuhi kriteria sebagai lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis disini ialah pinggir jalan yang ramai, dekat dengan keramaian semisal kampus, sekolah, GOR, terminal, taman kota, dekat pasar, dekat mall dan jalan raya yang memang banyak pejalan kaki malang melintang.

Sebagai catatan persaingan bisnis yang satu ini cukup tinggi, terutama di sekitar keramaian seperti kampus dan sekolah. Jika memang memungkinkan, carilah tempat yang strategis namun minim dengan pesaing.

3. Cari Stok Bahan Baku Berkualitas

Karena usaha yang satu ini di jalankan setiap hari dan buah-buahan merupakan bahan baku yang mudah membusuk maka anda harus pintar-pintar dalam memilih stok buah. Pastikan mendapatkan buah segar setiap harinya, jika tidak habis simpan buah di tempat yang sejuk semisal lemari pendingin. Lakukan survei jika perlu, hal ini untuk membandingkan penjual buah yang satu dengan yang lain, pilihlah mana yang memiliki stok buah segar setiap harinya. Jika sudah menjadi langganan, tentu harga buahnya bisa lebih murah bukan?

4. Lengkapi Jenis Buah

Menjual jus buah dengan aneka macam buah tentu memiliki nilai positif sendiri. Karena jika kita menjual jus buah dengan beberapa pilihan saja akan terasa kurang lengkap dan pembeli pun hanya pembeli yang menyukai buah tersebut. Karena seperti yang kita tahu tidak semua orang menyukai buah a, buah b atau c. Setiap orang memiliki "selera" sendiri-sendiri. Nah, dengan banyaknya varian buah yang di jual tentu konsumen bisa memilih mana buah yang sesuai dengan seleranya. Bahkan terkadang hari ini kita ingin sekali minum jus buah A, namun besoknya ingin jus B. Intinya semakin banyaknya varian yang di jual semakin baik.

Meskipun begitu ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu selama beberapa hari. Mana buah yang paling laku dan jarang laku. Jika jus buah yang jarang laku bisa saja hapus dari menu dan konsentrasi ke buah yang laku atau mencoba buah lainnya.

5. Inovasi Rasa Jus Buah

Ada kalanya konsumen itu bosan dengan jus buah yang itu-itu saja. Hal tersebut wajar terlebih jus buah memang tidak semua orang menyukainya. Untuk itu anda harus pintar dalam berinovasi dan berkreasi, semisal membuat menu spesial jus buah yang terdiri dari campuran buah a dan b. Namun pastikan sebelumnya jika campuran dari buah tersebut memiliki rasa yang spesial. Selain itu juga bisa membuat jus smoothies, jus yoghurt dan masih banyak lagi.

6. Gunakan Brand Sendiri

Saat anda ingin memulai usaha jus buah, yang tidak boleh terlewatkan adalah nama brand dari usaha anda. Nama brand yang unik dan mudah di ingat menjadi nilai positif sendiri untuk perkembangan usaha anda. Saat ini brand memang sangat penting untuk menunjang kualitas dan daya beli konsumen. Pilihan nama yang tepat di sertai rasa yang nikmat akan membuat banyak orang menjadi palanggan setia anda.

Misanya saja untuk nama brand usaha anda adalah "JUSKITA", "JUSFRUIT" dan lain sebagainya. Selain untuk nama brand di gerobak atau kios yang tidak boleh terlewatkan adalah gelas yang juga ada stiker dari nama brand kita. Dengan begitu pembeli akan ingat dan datang lagi jika suka.

7. Pilih Mesin dan Peralatan Berkualitas

Meskipun bisnis yang di jalankan memiliki skala kecil dengan modal pas-pasan, anda harus pintar dalam memilih mana peralatan yang tepat. Memang rata-rata blender atau juicer yang berkualitas di bandrol dengan harga yang tinggi. Namun ada juga kok beberapa brand yang menjual blender dengan harga murah namun tetap mengedepankan kualitas. Karena dengan peralatan berkualitas, hasil jus akan berkaulitas pula. Secara tidak langsung blender juga mempengaruhi kualitas dari jus baik rasa maupun warna.

Maka dari itu jika memang bisa membeli alat perlengkapan yang berkualitas kenapa tidak? toh dengan peralatan yang sudah teruji kita tidak perlu takut jika barang cepat rusak. Rusaknya pun pasti mudah mencari aksesorisnya.

8. Harga Yang Bersahabat

Tanpa di pungkiri, harga memang sangat menentukan. Dengan harga yang murah akan banyak calon konsumen yang tertarik. Jika anda ingin jus buah laris manis maka jualan jus dengan harga yang bersahabat. Memang dengan keuntungan 2-3 ribu per gelasnya terlihat sedikit sekali. Namun jika dalam hitungan hari anda bisa menjual sampai 100 buah anda bisa mendapatkan keuntungan di atas 200 ribu/hari. Itu hasil yang sudah sangat banyak. Jika nanti brand anda sudah melambung, anda bisa membuat cabang baru di lokasi berbeda.

9. Perhatikan Kebersihan

Usaha kuliner harus menjunjung tinggi kebersihan, apapun itu jenisnya tak terkecuali usaha jus buah ini. Kebersihan disini memiliki arti luas, tidak hanya sebatas tempat usaha saja. Namun juga kebersihan dari penjual(penampilan), tempat usaha dan yang tidak kalah penting adalah kebersihan jus buahnya.

Peralatan juga harus bersih, paling tidak anda harus membersihkan setelah menggunakannya atau bersihkan sebelum tutup. Yang yang kalah penting gunakan air yang bersih, terutama sebagai air yang di gunakan untuk jus. Gunakan merk air terkenal untuk lebih meyakinkan konsumen. Terakhir siapkan tong sampah di sekitar lokasi untuk memudahkan konsumen membuang barang. Tapi ingat, jangan sampai tong tersebut mengeluarkan bau yang tidak sedap.
Baca Juga : PT vs CV : Mana yang Layak Anda Pilih untuk Mengembangkan Bisnis?
Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam memulai usaha yang satu ini. Untuk kekurangannya bisa anda cari sendiri referensinya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sahabat dan teman-teman kalian. Cukup sekian semoga bermanfaat informasi Cara Memulai Usaha Jus Buah Bagi Pemula.