15 Tips Sukses Ala Bob Sadino Yang Harus Anda Ketahui

15 Tips Sukses Ala Bob Sadino - Bagi seorang wirausaha, Bob Sadino menjadi motivator yang membangkitkan semangat dalam menjalankan usaha dan membagikan pengetahuan tentang dunia usaha kepada semua orang terutama dunia usaha dengan modal kecil. Namun sebelum kami membagikan tips sukses wirausaha ala Bob Sadino, ini dia beberapa hal yang harus anda ketahui tentang Bob Sadino.

Nama asli dari Bob Sadino adalah Bambang Mustari Sadino, lahir di Bandar Lampung pada tanggal 9 maret 1933 dan meninggal di Jakarta di awal tahun 2015 tepatnya 19 januari 2015 di umur 81 tahun. Bob Sadino adalah pengusaha sukses asal Indonesia yang berbisnis di bidang peternakan dan pangan. Bob Sadino merupakan pemilik dari Kemfood dan Kemchick yang mana sudah terbukti menuai kesuksesan.

15 Tips Sukses Ala Bob Sadino Yang Harus Anda Ketahui

Bob Sadino di kenal sebagai orang dengan gaya berpakaian yang nyetrik, dimana Beliau sering menggunakan kemeja lengan pendek dengan celana pendek sehingga terlihat nyantai dan hal tersebut menjadi ciri khasnya. Bob Sadino merupakan salah satu pengusaha dengan gaya bicara yang khas bahkan terkenal dengan "goblok"nya dalam berbisnis, seperti kata "Tetaplah goblok, jadilah kaya, be entrepreneur, gajilah orang pintar". Lalu apa saja sih tips sukses ala Bob Sadino? simak saja 15 tips ala Bob Sadino yang telah kami ulas di bawah ini.

15 Tips Sukses Ala Bob Sadino Yang Harus Anda Ketahui


1. Harus Berani Memulai

Banyak orang yang hanya berangan-angan dalam berbisnis, namun tidak bernai memulainya. Apabila itu yang selama ini anda lakukan maka berani lah memulai usaha dari sekarang. Takut memulai usaha menghambat anda menjadi orang sukses.

2. Realisasikan Ide Secara Maksimal

Setiap orang memiliki impian dan potensi masing-masing, hanya saja banyak orang yang tidak pernah mencoba untuk menggali potensi yang ada pada dirinya. Impian yang ada harus di realisasikan agar terwujud, ada pepatah yang mengatakan "ide-ide kecil yang terlaksana jauh lebih baik dari pada ide-ide besar tapi belum diungkapkan.

3. Jangan Terlalu Banyak Analisis

Bob Sadino merupakan pengusaha yang tidak terlalu mengandalkan analisis di saat memulai usaha. Banyak calon wirausaha yang takut memulai usaha karena pendapatan yang di hasilkan tidak pasti(kurang) atau bahkan mengalami kegagalan. Inilah yang menghambat, kuncinya hanya "JUST DO IT" dimana pendapatan yang kita dapatkan tergantung hasil kerja keras dan usaha kita.

4. Bermimpi Besar

Seorang wirausaha itu harus memiliki mimpi yang besar di dalam hatinya, seperti halnya dalam film Sang Pemimpi yang mana kekuatan mimpi menjadi dorongan dan pembakar semangat dalam meraih impian dan cita-cita.

5. Jangan Ingin Serba Cepat (Instan)

Saat ini kita memasuki zaman yang serba instan, mulai dari makanan, minuman, karir dan penghasilan. Apapun yang di dapatkan secara instan pasti tidak baik, sebagai contoh saat ini banyak orang yang terkenal instan karena mengikuti acara pencarian bakat di televisi, namun itu hanya bertahan sebentar dan manusia yang di hasilkan bukanlah manusia dengan karakter yang tangguh.

6. Berpikir Positif

Dalam memulai usaha anda harus berpikir yang positif, jangan pernah ragu atau bahkan pesimis karena hal tersebut bisa mendatangkan kegagalan. Gagal bukan berarti menyerah, namun gagal harus berani bangkit lagi. Thomas Alfa Edison seorang penemu bola lampu pernah mengalami kegagalan sebanyak 999 kali dalam percobaannya, tetapi karena terus berpikir positif Ia berhasil menciptakan bola lampu yang sama-sama kita nikmati saat ini.

7. Jangan Terpaku Dengan Pendidikan

Alasan mengapa banyak orang yang gagal sukses baik dalam bekerja maupun berbisnis karena latar belakang pendidikan yang minim atau bahkan tidak pernah bersekolah, namun hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Kenyataanya banyak orang yang bisa sukses meskipun latar belakang pendidikannya minim. Kadang kala orang sukses meskipun tidak sesuai dengan bidang pendidikannya.

8. Bekerja Sama

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bersosialiasi dengan orang lain. Dalam berbisnis juga sama, anda harus pintar-pitar bekerja sama dengan orang yang tepat. Tidak ada orang sukses yang bisa sukses dari hasil kerja kerasnya sendiri, di balik kesuksesannya pasti ada orang lain yang membantu meskipun itu secara tidak langsung.

9. Fokus

Fokus dalam satu bidang usaha lebih baik dari pada menjalankan banyak usaha namun tidak bisa fokus. Jangan terburu-buru ingin cepat kaya dengan memulai banyak usaha secara bersamaan, lebih baik berkonsentrasi dengan satu usaha karena hasilnya lebih memuaskan.

10. Tahu Tentang Kewirausahaan

Sebelum memulai usaha paling tidak anda tahu target dari usaha anda, jangan sampai saat terjun ke dunia usaha tersebut anda tidak mengetahuinya sama sekali. Kita ingin memasarkan suatu produk tetapi tidak mengetahui target pasar dari produk tersebut. Jadi, paling tidak kita harus mengetahui tentang usaha tersebut meskipun sedikit.

11. Peduli Konsemen

Bob Sadino ialah pengusaha yang memperdulikan konsumennya, mulai dari pelayanan hingga kritik atau masukkan. Jadikanlah kritikan entah dalam bentuk masukkan maupun ejekan sebagai sarana pengembangan dan perbaikan usaha anda.

12. Utamakan Kualitas

Bob Sadino sangat memperhatikan kualitas dari produk yang di hasilkan karena Beliau tidak ingin mengecewakan konsumen dengan produk yang abal-abal. Begitu pula dengan kita, hadirkan produk yang berkualitas, maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

13. Jangan Menyerah

Saat anda merasa gagal dalam menjalankan usaha jangan sampai anda menyerah begitu saja. Jadikan kegagalan sebagai landasan menuju keberhasilan, dengan kegagalan itupun anda memiliki pengalaman agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Baca : Penyebab Kegagalan Wirausaha dan Solusinya

14. Selalu Mengingat Allah

Dalam Surah Al An’aam ayat 162, Allah ber-Firman: “Sesungguhnya Shalatku, Ibadahku, Hidupku dan Matiku hanya untuk Allah semata”.  Jadi, apapun yang kita lakukan harus selalu mengingat Allah agar bernilai ibadah.

15. Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Kenapa banyak orang yang belum sukses meskipun sudah bekerja keras? mungkin jawabannya karena kerja keras tidak dibarengi dengan kerja cerdas. Sebagai contohnya, anda bekerja keras untuk mengejar target pendapatan di bulan agustus, semua telah anda lakukan tetapi anda melupakan strategi promosi di bulan-bulan sebelumnya. Maka target anda di bulan agustus tidak akan terpenuhi karena anda telah melupakan strategi promosi,  jadi selain bekerja keras anda harus bekerja cerdas.
Baca Juga : Usaha Sampingan Untuk Anak Kos-Kosan Yang Menghasilkan
Demikianlah 15 tips dari Bob Sadino yang dapat kami bagikan, sebenarnya masih banyak lagi tips dari Bob Sadino. Di karenakan waktu dan tenaga yang terbatas kami hanya bisa mengumpulkan 15 saja. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga 15 Tips Sukses Ala Bob Sadino bermanfaat.