Tips dan Strategi Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Tips Sukses Bisnis Kuliner - Selamat datang pengunjung yang budiman, pada postingan kali ini admin ingin membagikan sebuah ulasan bisnis yang berkaitan dengan kuliner yakni Tips dan Strategi sukses memulai bisnis kuliner. Usaha kuliner merupakan jenis usaha yang tidak ada matinya, hal tersebut di karenakan makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kita.

Usaha dalam bidang kuliner atau makanan memang menjadi usaha yang paling mudah untuk di jalankan, tak heran apabila usaha ini menjadi usaha yang paling banyak di geluti, entah itu oleh profesional yang sudah memiliki banyak pengalaman maupun oleh pemula sekalipun.

Tips dan Strategi Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Banyaknya tingkat persaingan dalam bisnis kuliner cukup tinggi, sehingga perlu mental yang kuat sebelum terjun ke usaha ini, selain itu usaha kuliner rawan sekali gulung tikar, perlu perencanaan yang matang dan strategi yang benar, nah bagi anda yang ingin sukses dalam berbisnis kuliner sebaiknya baca saja beberapa tips sukses memulai usaha kuliner makanan berikut ini.

10 Tips dan Strategi Sukses Bisnis Makanan


1. Lokasi Usaha

Lokasi menjadi kunci utama sukses tidaknya usaha anda, dengan lokasi yang strategis maka warung makan anda akan mudah menemukan banyak pelanggan. Contoh lokasi yang paling strategis ialah dekat jalan raya, dekat pasar/pertokoan dan dan dekat keramaian.

2. Lakukan Riset

Riset sangat perlu di lakukan sebelum memulai usaha kuliner, anda bisa melakukan riset seperti mencari tahu jenis makanan apa yang paling di sukai orang, makanan apa yang belum terjual di sekitar lokasi usaha anda dan lain sebagainya.

3. Terapkan Hasil Riset

Apabila anda sudah melakukan riset maka selanjutnya yang harus anda lakukan ialah menerapkan hasil dari riset tersebut ke dalam usaha anda. Misalnya saja apabila di daerah tersebut makanan yang paling di sukai adalah sate kambing, namun hingga sekarang belum ada warung makan yang menjual sate kambing, nah dengan demikian anda bisa memulai usaha kuliner sate kambing.

4. Tentukan Harga

Apabila anda membuka usaha di lokasi dengan persaiangan usaha kuliner yang tinggi maka anda harus pintar dalam menentukan harga dari setiap makanan yang anda jual. Usahakan menjual makanan dengan harga yang lebih murah namun dengan cita rasa yang lebih baik.

5. Pelajari Kesuksesan Pesaing

Apabila anda seorang yang acuh dengan kesuksesan orang lain maka buanglah sikap acuh tersebut. Mulai sekarang anda harus berani mempelajari apa yang membuat pesaing anda sukses, mulai dari lokasi, tempat usaha, pelayan, kebersihan dan juga harga jualnya. Dengan mempelajari itu semua minimal anda bisa memetik nilai positif yang bisa anda terapkan ke usaha kuliner anda.

6. Fasilitas Yang Baik

Sebuah warung makan/restoran di katakan baik apabila memiliki fasilitas yang menunjang kepuasan pelanggan. Fasilitas seperti kamar mandi, kipas angin, meja dan kursi yang baik akan membuat pelanggan nyaman berlama-lama di tempat anda.

7. Utamakan Kepuasan Pelanggan

Banyak hal yang bisa anda lakukan agar pelanggan merasa puas makan di tempat anda, apabila pelanggan sudah puas dengan peyanan yang anda berikan maka tidak menutup kemungkinan di hari esok pelanggan akan berkunjung kembali dan menjadi pelangga tetap.

8. Jaga Kebersihan Tempat Usaha

Berbeda dengan usaha lain, usaha kuliner menuntut kebersihan dari segala aspek mulai dari makanan di buat, disajikan kepada pelanggan hingga sisa-sisa makanan itu sendiri. Pastikan kebersihan menjadi prioritas di tempat anda, berikan arahan kepada bawahan anda untuk menjaga kebersihan.

9. Buat Jam Opreasional Tetap

Pelanggan lebih menyukai warung makan yang memiliki jam buka-tutup yang tetap, karena pelanggan tahu kapan bisa makan di warung makan tersebut tanpa harus kecewa dan pulang karena warung makan tutup. Jadi buatlah jam operasional yang tetap dan patenkan, semua demi kemajuan usaha anda.

10. Lakukan Peningkatan dan Jangan Lupa Promosi

Apabila warung makan anda sudah mengalami peningkatan dari segi pengunjung maka anda harus melakukan peningkatan seperti memperbesar lokasi usaha, membuka cabang baru dan juga menambah variasai makanan. Jangan lupa juga untuk menambah jumlah karyawan agar tidak kwalahan. Dan yang terpenting lakukan promosi baik melalui cara sederhana seperti membagikan brosur, memberi potongan harga atau bahkan melalui jejaring sosial.

Agar bisa sukses dalam menjalankan usaha kuliner maka anda harus bisa mengerti segala aspek yang berkaitan dengan usaha kuliner, sekian yang bisa kami bagikan, semoga ulasan tips di atas bermanfaat bagi anda, terimakasih telah berkunjung dan membaca Strategi Sukses Memulai Bisnis Makanan.
Baca Juga : Contoh Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga