Peluang Usaha Cara Budidaya Ikan Patin Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Cara Budidaya Ikan Patin merupakan referensi dari blog seribupeluang.blogspot.com yang kami sajikan khususnya bagi anda yang ingin usaha budidaya ikan patin. Ikan patin masuk dalam kategori ikan berkumis yang hidup di air tawar, ikan ini sendiri memiliki rasa yang enak bahkan memiliki rasa yang lebih gurih dari ikan lele.

Ikan patin sebenarnya memiliki bentuk yang menyerupai ikan lele, bahkan ada yang menyebutnya ikan lele bangkok. Saat ini peluang usaha budidaya ikan memang memiliki prospek yang bagus mengingat permintaan pasar terhadap ikan air tawar terus meningkat.

Peluang Usaha Cara Budidaya Ikan Patin Image

Tentunya ini menjadi sebuah peluang usaha yang cukup menjanjikan. Bagi anda yang ingin mencoba peluang usaha budidaya ikan patin bisa mencobanya dengan membaca beberapa hal di bawah ini.

Cara Budidaya Ikan Patin


1. kolam yang terbaik untuk ikan patin ialah kolam yang terbuat dari tanah liat/lempung, karena tanah jenis ini cukup kuat untuk menahan massa air yang membuat air tidak bocor. Sediakan kolam dengan ukuran 3 x 4 m yang memiliki pengairan cukup yakni ada air masuk dan air keluar.

2. Kualitas air harus bersih, tidak terlalu keruh dan tidak mengandung campuran bahan kimia beracun.

3. Isi kolam tersebut dengan bibit ikan patin ukuran 5 inchi sebanyak 500 buah.

4. Untuk makanan dari ikan patin sendiri sama halnya dengan ikan lele, yakni pepaya, daun-daunan dan masih banyak lagi makanan yang dapat di berikan kepada ikan patin.

5. Sedangkan untuk pakan ikan yang dapat menambah berat ikan dengan cepat ialah pakan fermentasi yang di buat dengan cara : 1 bungkus bakteri pengurai (prebiotik) di masukkan ke dalam drum ukuran 200 liter, lalu di tambah katul sebanyak 5 kg dan juga air gula merah kurang lebih 5 liter. Selanjutnya diamkan campuran tersebut hingga 4 hari. Setelah 4 hari, campurkan lagi dengan bahan pakan seperti sagu dengan perbandingan 30 kg sagu dengan 5 liter larutan fermentasi tersebut. Kemudian diamkan lagi selama 1 hari dan gunakan untuk pakan ikan patin.

6. Ikan patin dapat di panen ketika memiliki berat minimal 1 Kg dengan rentan waktu sekitar 7 - 9 bulan.

Modal Awal


Bibit ikan patin 5 inchi 500 buah @Rp.500,00 = Rp. 250.000,00
Pakan ikan selama 8 bulan jika menggunakan pakan fermentasi sekitar Rp. 500.000,00
Lain-lain Rp. 500.000,00

Total Modal yang di butuhkan : Rp. 1.250.000,00

Ikan patin sendiri memiliki harga yang cukup mahal di pasaran, yakni bisa mencapai Rp.12.000,00 per kilonya, sehingga jika anda membudidayakan ikan patin dengan jumlah 500 buah dengan bobot saat di jual 1 kg dapat menghasilkan uang sebesar Rp.12.000,00 x 500 = Rp. 6.000.000,00.

Melihat keuntungan yang cukup besar dari budidaya ikan patin ini, tidak ada salahnya jika anda mencoba menggelutinya, karena selain pakan yang mudah, ikan patin juga tidak sesulit ikan lain pembudidayaannya.
Baca Juga : Peluang Usaha Laudry Kiloan Yang Menguntungkan
Jika anda berminat pada budidaya ikan patin pun dapat menjalankan sebagai usaha sampingan, karena anda dapat memberinya makan 2 kali sehari pagi dan sore. Nah, itulah cara budidaya ikan patin yang dapat kami bagikan, semoga saja anda tertarik dan mencoba Peluang Usaha Cara Budidaya Ikan Patin Yang Menguntungkan tersebut.