Monday, April 25, 2016

6 Tips Sukses Usaha Telur Asin Aneka Rasa Bagi Pemula


Tips Sukses Usaha Telur Asin Aneka Rasa - Apakah Anda sering mengkonsumsi telur asin? Tentu bagi para pengemar telur asin sangat menarik membahas seputar bagaimana menajalankan bisnis makanan ini. Kandungan gizi dalam telur asin terbilang tinggi sehingga banyak dikonsumsi masyarakat. Selain memiliki nilai gizi tinggi, rasa dari telur asin sendiri juga menarik karena terdiri dari berbagai rasa yakni asin, jahe, dan bawang. Karena banyak diminati para pecinta kuliner sebagai makanan pelengkap, kini usaha telur asin aneka rasa sudah dipraktekkan sebagian orang untuk menambah penghasilan. Cara membuat telur asin dari dulu sampai sekarang terbilang sama persis yakni menggunakan balutan batu bata yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan garam dan di diamkan dalam beberapa hari.

6 Tips Sukses Usaha Telur Asin Aneka Rasa Bagi Pemula

Keunikan dalam proses pembuatannya mengundang tanya, bagaimana cara memasarkannya dan bagaimana proses membuatnya hingga bisa menghasilkan banyak rasa, disini seribupeluang akan mencoba mengulasnya.  Memulai usaha telur asin dengan banyak rasa tentu menjadi tantangan bagi pengusaha, dimana kita harus bisa membuat telur asin secara benar. Lalu apa saja tips sukses usaha telur asin aneka rasa?simak informasinya berikut ini.

Tips Sukses Usaha Telur Asin Aneka Rasa Bagi Pemula


1. Mengetahui Proses Pemilihan Telur

Jenis telur yang digunakan sebagai bahan baku membuat telur asin berasal dari telur bebek. Sebelum diproses menjadi telur asin ada beberapa langkah wajib dilakukan yakni memilih telur berkualitas baik. Tips selanjutnya mengenai bisnis telur asin aneka rasa yakni harus memilih mana telur berkualitas baik dan layak untuk dijadikan telur asin. Biasanya pemilihan telur tidak terlalu rumit cenderung memperhatikan ukurannya.

Namun, tidak hanya ukuran saja, dalam menjalankan bisnis telur asin aneka rasa setiap pebisnis di bidang ini harus bisa memilih telur sehat. Kondisi telur yang sehat tentu saja tidak berbau, cangkang telur tidak retak, dan embrio di dalam masih bagus. Ada cara mudah untuk menentukan kualitas telur yakni dengan menenggelamkannya dalam satu tempat berisi air. Jika telur ternggelam maka telur tersebut layak konsumsi, tetapi jika tidak tenggelam sebaiknya jangan dikonsumsi.

2. Proses Pembuatan Telur Asin

Selain telur asin dari bebek, Anda bisa juga menggunakan telur ayam, tetapi untuk produk telur asin lebih identik dengan telur bebek. Cara membuat telur asin sangat penting dalam usaha telur asin aneka rasa, dimana Anda bisa memulai proses dengan mencampur bahan-bahan pembuatnya terdiri dari abu gosok, serbuk batu bata dengan perbandingan 1 : 1. Setelah dicampur, langkah membuat telur asin aneka rasa selanjutnya adalah menambahkan sedikit garam untuk bahan adonan. Sebelum memberikan adonan secara merata, pastikan kondisi luar telur dalam keadaan bersih. Jika sudah yakin bersih langkah selanjutnya adalah membalurkannya keseluruh permukaan kulit telur. Tebal dari balutan tersebt setebal 2 mm dan simpan dalam wadah selama satu minggu atau selama 10 hari. Nantinya rasa asin dari garam akan tersimpan atau terserap dalam telur. Tips bisnis telur asin selanjutnya adalah menghilangkan balutan telur setelah selesai masa penyimpanan. Untuk membersihkan telur gunakan spon kasar agar tidak pecah, kemudian rebus sampai matang.

3. Menambahkan Rasa Baru

Rasa baru dalam telur asin ternyata bisa memberikan efek variasi kepada konsumen. Rasa asin yang selama ini identik dengan telur asin bisa di kombinasi dengan rasa lain seperti jahe, rasa makanan laut, dan rasa bawang. Sebenarnya untuk rasa telur asin sendiri,  dalam pemberian rasa tidak berbeda jauh saat membuatnya, hanya dengan menambah perasa pada campuran batu bata halus.

4. Cara Memasak

Rata-rata pengusaha telur asin memasak telur dengan cara direbus, tetapi Anda bisa memasaknya dengan dipanggang atau diasapi. Cara memasak telur asin tersebut akan memberikan rasa berbeda dan terlihat lebih alami. Tips sukses usaha telur asin aneka rasa ini membutuhkan kreasi dalam memilih bahan perasa.

5. Proses Pengemasan

Tips sukses selanjutnya di dalam bisnis telur asin adalah proses pengemasan dimana dalam mengemas telur asin gunakan desain kemasan yang menarik perhatian konsumen. Menambahkan beberapa keunikan seperti melabeli kemasan dengan merek unik bisa jadi satu cara mendapatkan perhatian konsumen. Rata-rata pengusaha lebih memilih mengemas produk telurnya ke dalam kemasan kertas karton dan terbuka, karena jika menggunakan plastic kedap udara telur lebih mudah basi.

6. Pemasaran Produk

Produk telur asin sangat banyak dipasarkan di berbagai daerah, bahkan di beberapa tempat memiliki pusat pembuatan telur asin jadi lebih mudah dalam memasarkannya. Tips selanjutnya yang tidak boleh di tinggal ialah dalam bidang pemasaran, dimana bisa menggunakan media online dan reseller. Tetapi setiap reseller kini sudah bisa mengerti bagaimana cara memilih produk berkualitas di pasaran. Media online tentu bisa menjadi satu tips sukses usaha telur asin aneka rasa, tawarkan kepada konsumen mengenai keunggulan dari produk telur asin Anda kemudian beri tahu cara membelinya.Jika sudah bisa berjalan lancar, maka bisnis telur asin dapat memnuhi kebutuhan perekonomian keluarga. Bila Anda masih ingin menjual telur asin tanpa bantuan sistem online maka jual dengan menitipkan barang ketoko sembako juga bisa.

Usaha telur asin ini memang gampang-gampang susah di jalankan, namun dengan modal yang tidak begitu besar, bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi anda. Tetapi tetap saja anda harus pintar dalam mengolah telur bebek menjadi telur asin yang lezat dan di sukai banyak konsumen.
Baca Juga : 7 Cara Memulai Bisnis Tiket Pesawat dan Kereta Api Online
Mengenai tips sukses usaha telur asin aneka rasa sudah terlihat jelas bahwa kondisi telur mulai dari proses pemilihan telur sampai proses memasak harus dilakukan dengan benar. Berbisnis jualan telur asin masih menjadi pilihan banyak pengusaha pemula. Keuntungan yang besar dengan proses yang sederhana menjadi alasan mengapa banyak orang yang menjalankannya. Beberapa tips yang kami bagikan tadi bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan, cukup sekian semoga bermanfaat dan terimakasih sudah menyimak usaha telur asin aneka rasa.