Wednesday, April 6, 2016

5 Cara Sukses Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga di Rumah


5 Cara Sukses Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga - Jaman sekarang, banyak kalangan wanita yang mempunyai usaha atau bisnis, sebagai tambahan pemasukan rumah tangga dan tidak hanya mengandalkan nafkah dari suami saja. Berbagai bisnis digeluti dan tidak jarang dari mereka yang bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda. Meski menjadi seorang ibu, seorang wanita juga bisa mengatur waktunya secara seimbang, antara bisnis dan keluarga.

Karena bagaimanapun juga kewajiban ibu rumah tangga adalah menjaga keluarga dan nafkah adalah kewajiban suami sehingga alangkah baiknya sebelum memulai suatu bisnis di diskusikan dengan sang suami. Dengan izin suami anda bisnis yang anda jalankan agar berkah dan bisa anda jalankan dengan tenang. Namun kebanyakan suami akan menginkan anda berbisnis apalagi jika bisnis tersebut di jalankan dari rumah.

5 Cara Sukses Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga di Rumah

Peluang bisnis yang dilakukan dari rumah ini cukup menjanjikan, lho. Apalagi jika para ibu jeli melihat pangsa pasar dan kesempatan pemasaran produk. Dengan kondisi para ibu yang memiliki anak, serta tetap mengurus segala keperluan dan kebutuhan rumah tangga, cara sukses jadi ibu sambil berbisnis dibawah ini patut dicoba. Nah, apa saja yang harus ibu ketahui sebelum memulai bisnis di rumah? Yuk, simak ulasan 5 Cara Sukses Jadi Ibu Sambil Berbisnis berikut ini!

Cara Sukses Jadi Ibu Rumah Tangga Sambil Berbisnis


1. Pintar Membagi Waktu

Sebenarnya tidak mudah menjalankan usaha atau bisnis dari rumah, apalagi jika Anda seorang ibu dan memiliki anak-anak yang masih kecil dan sangat membutuhkan perhatian besar. Sungguh, tidak mudah. Dan untuk memenuhi hasrat menjadi ‘A good Mompreneur’, cara sukses jadi ibu sambil berbisnis adalah Anda harus bisa mengalokasikan waktu khusus dalam menjalankan dan mengelola bisnis Anda. Secara tidak langsung, Anda dituntut untuk menjadi seorang profesional dalam hal membagi waktu antara keluarga dan bisnis.

Dan menjadi seorang pro dalam pembagian waktu ini membutuhkan trik khusus agar pekerjaan, datangnya jual dan beli, serta prioritas keluarga tidak terganggu. Ada baiknya Anda menetapkan jam kerja, seperti misalnya pagi dari jam 10 hingga sore jam 5 dan kembali aktif di jam 7 hingga 9 malam. Sesuaikan saja dengan jadwal harian keluarga Anda.

Mengatur jadwal kerja jangan lantas mengurangi waktu harian Anda pada keluarga. Ini justru akan menimbulkan konflik antar anggota keluarga, bisa jadi ujung-ujungnya Anda meninggalkan bisnis karena dituntut untuk tetap menjadi ibu rumah tangga yang ‘tepat jadwal’. Rugi dong, usaha yang sudah dibuat. Maka dari itu, Anda harus memberitahukan pula jadwal kerja Anda, yang tidak mengganggu jadwal harian, kepada suami dan anak-anak. Jangan sampai nantinya timbul prasangka buruk, baik dari keluarga maupun klien Anda.

2. Konsekuensi dan Disiplin

Inilah yang biasanya menjadi sebuah permasalahan dalam keluarga. Lagi-lagi waktu dan perhatian. Seorang ibu memang bisa memikirkan banyak hal dalam satu waktu, namun tidak pada prakteknya. Anda harus tahu seberapa besar porsi perhatian Anda pada bisnis, tentunya ini mengharuskan Anda menomor dua-kan bisnis. Prioritasnya tetap satu, keluarga.

Acap kali ditemukan anak-anak yang bermasalah, seolah mencari perhatian di luar rumah. Hal ini tidak lain karena kurangnya perhatian dari ibu yang terlalu sibuk mengurus bisnis di rumah. Tentu Anda tidak mau menjadi Ibu yang disalahkan hanya karena kurangnya kasih sayang terhadap anak, bukan?

Konsekuensi inilah yang harus Anda pertimbangkan, yang kemudian bisa menjadikan Anda menepati waktu atau disiplin waktu. Memang tidak mudah, namun Anda bisa mencobanya. Solusi kunci cara sukses berbisnis di rumah adalah tetap berkomunikasi dengan baik dengan keluarga, bahkan Anda bisa menunjukkan bagaimana mengelolanya pada anak secara garis besar, agar anak pun menyesuaikan diri dengan bisnis Anda di rumah. Namun tentunya, tidak sebesar porsi Anda mengelola bisnis tersebut.

3. Managemen Keuangan

Dengan berbisnis, Anda juga mendapatkan keuntungan. Keuntungan inilah yang harus Anda atur dan kelola juga dengan baik. Semakin besar keuntungan yang didapat, Anda juga harus semakin pintar dan cerdas mengaturnya.

Managemen keuangan yang baik adalah dengan tidak mencampurkan dana rumah tangga dengan dana usaha Anda. Ini memudahkan Anda dalam melihat prospek dan perkembangan bisnis Anda di rumah. Jika terdapat keuntungan yang ingin Anda masukkan kedalam dana rumah tangga, ada baiknya Anda berdiskusi dengan suami.

Jangan lupa untuk selalu mencatat pemasukan, pengeluaran, modal, serta untung-rugi dalam sebuah buku – seperti kas kecil dan kas besar. Penting bagi Anda, seorang ibu, untung mengatur arus masuk dan keluarnya uang agar bisnis Anda seimbang dan lancar seterusnya.

4. Pilih Bisnis Yang Sesuai Dengan Minat

Banyak bisnis yang bisa Anda pilih, baik secara online maupun offline. Terkadang godaan keuntungan besar menjadikan Anda ingin mengelola bisnis dengan banyak bidang sekaligus. Hindari godaan tersebut! Cara sukses jadi ibu sambil berbisnis berikutnya adalah dengan tetap menyesuaikan waktu dan kesenangan Anda, karena bisnis yang sesuai dengan minat tentunya lebih menjanjikan daripada mengelola beberapa bisnis sekaligus yang justru akan merusak jadwal Anda dalam keluarga.

Menjalani bisnis sesuai minat justru akan membuat Anda tetap konsisten menjalaninya. Konsistensi inilah kunci utama keberlangsungan bisnis dalam waktu yang lama. Pada umumnya, para ibu menyukai bisnis di bidang Fashion, Kecantikan, Makanan dan Kesehatan. Nah, Anda bisa mengambil salah satu bidang tersebut dan menjadikannya usaha berbasis passion.

5. Semangat Menekuni Bisnis

Cara sukses jadi ibu sambil berbisnis terakhir adalah dengan menekuni bisnis Anda. Semangat! Wajar jika dalam perjalanan bisnis, Anda merasa bosan dan jenuh. Selain karena aktifitas rumah yang bisa jadi bertambah seiring dengan bertambahnya usia anak, kejenuhan bisa datang karena banyaknya order yang tak kunjung henti. Itu pertanda bagus, namun inilah faktor kebosanan itu.

Maka dari itu, pemilihan bidang bisnis yang tepat, pengaturan waktu yang cerdas, komunikasi yang intens, serta managemen keuangan yang teratur bisa menjadikan Anda lebih semangat menjalani dan menekuni bisnis Anda dirumah, sampingan tugas Anda sebagai ibu rumah tangga.
Baca Juga : 6 Tips Membangun Toko Online Agar Sukses Besar Saat Ini
Semoga cara sukses jadi ibu sambil berbisnis diatas bermanfaat bagi Anda, jangan lupa share artikel ini dan terus ikuti blog ini untuk mendapatkan artikel bisnis terbaru. Terimakasih sudah membaca ulasan Cara Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga.