Peluang Bisnis Penulis Lepas Artikel Website dan Blog

Peluang Bisnis Penulis Lepas - Saat ini beragam bisnis bisa di jalankan. Salah satunya adalah menjadi seorang penulis lepas suatu artikel website atau blog. Bisnis yang satu ini masih masuk dalam kategori bisnis online karena artikel yang telah kita buat kita pasarkan secara online di internet baik melalui website, blog, facebook, twitter dan media online lainnya.

Sebenarnya apa sih penulis lepas itu? Penulis lepas di dunia online memiliki banyak nama. Ada yang mengatakan Content Writer, Penulis Lepas, Freelance, Pembuat Artikel, Jasa Pembuat Artikel dan masih banyak lagi. Intinya sama, yakni seorang yang membuat artikel dan menjualnya kepada orang lain.

Peluang Bisnis Penulis Lepas Artikel Website dan Blog

Sekedar informasi, saat ini peluang menjadi penulis artikel online sangat lebar, bahkan prospek usahanya tergolong sangat menjanjikan karena banyak website dan blog yang membutuhkan artikel. Bahkan dalam 1 hari saja ada ratusan ribu website baru yang mana di antaranya membutuhkan artikel baik itu website Indonesia maupun website luar negeri.

Peluang Bisnis yang satu ini bisa di kerjakan oleh siapa saja, tidak memandang latar belakang pendidikan. Bagi siapa saja yang memiliki bakat menulis dan memiliki ide tentang karangan atau tulisan maka sangat cocok memulai bisnis ini. Nah, apabila anda tertarik bisnis menjadi penulis lepas maka ada beberapa hal yang mungkin harus anda ketahui agar bisnis tersebut bisa membuahkan kesuksesan.

Peluang Bisnis Penulis Lepas Artikel Website dan Blog


1. Kualitas Artikel

Pondasi utama dari sebuah website dan blog adalah Konten. Konten atau artikel bisa berupa tulisan, foto, video dan lain sebagainya, tergantung jenis website itu sendiri. Intinya suatu website atau blog akan semakin baik apabila di isi dengan artikel yang berkualitas. Maka dari itu, apabila anda ingin memulai usaha ini, paling tidak anda harus belajar bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas. Berkualitas meliputi tata bahasa, enak di baca, padat, kaya informasi dan lain sebagainya.

2. Harga Artikel

Untuk harga artikel sebenarnya yang menentukan adalah anda sendiri, Namun terkadang juga bisa di bicarakan dengan calon pembeli. Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi harga suatu artikel, seperti panjang kata per artikel dan bahasa artikel. Dan ini kami berikan contohnya, ingat ini hanya sebatas contoh, silakan anda tentukan sendiri berapa harga yang pantas.

- Artikel Bahasa Indonesia :
200 kata : Rp. 6000,-
300 kata : Rp. 7000,-
500 kata : Rp. 9000,-
1000 kata : Rp. 14.000,-

- Artikel Bahasa Inggris :
200 kata : Rp. 8.000,-
300 kata : Rp. 12.000,-
500 kata : Rp. 18.000,-
1000 kata : Rp. 25.000,-

Artikel bahasa Inggris memang memiliki harga jual yang jauh lebih mahal dari pada artikel bahasa Indonesia. Ini bukan rahasia umum lagi karena memang membuat artikel bahasa Inggris jauh lebih sulit.

3. Cara Menjual Artikel

Cara menjual artikel bisa di lakukan dengan banyak cara. Yang perlu di ketahui disini, anda jangan membuat artikel dulu lalu di jual. Namun anda harus mencari konsumen terlebih dahulu, apabila konsumen telah memesan dan sudah mengirimkan uang baru anda buatkan artikel. Karena setiap konsumen meminta niche atau topik artikel yang berbeda. Ada yang meminta niche tentang teknologi, bisnis, internet, kesehatan, fashion dan lain sebagainya.

Anda bisa menjual artikel dengan cara :

a. Jualan artikel secara pribadi
Menjual artikel secara pribadi bisa anda lakukan melalui media sosial seperti facebook dan twitter. Anda bisa menjual di fanspage atau halaman yang mana berisi tentang bisnis online. Selain itu anda bisa menjual di website jual beli atau forum seperti kaskus dan ads.id. Selain itu anda juga bisa menjual di website atau blog anda sendiri.

b. Jualan artikel dengan cara bekerjasama dengan website penjual artikel
Nah, apabila anda menjual artikel secara pribadi tidak laku-laku maka anda bisa menjual artikel dengan cara bekerjasama dengan website penjual artikel. Dengan kata lain anda melamar menjadi karyawan dari website tersebut. Usahakan mencari website yang besar dan memiliki konsumen yang banyak. Dengan begitu anda akan menerima banyak pesanan artikel.

4. Pelayanan Terhadap Konsumen

Konsumen adalah raja, itulah hal yang patut anda jadikan dorongan. Pastikan jika anda memberikan pelayanan yang prima, mulai dari komunikasi, waktu pengiriman artikel dan hal lain yang masih ada kaitannya. Selain itu usahakan anda hanya menerima pesanan selama anda mampu mengerjakannya, jangan sampai ketika sudah banyak pesanan anda masih saja menerima pesanan tersebut padahal anda tahu jika anda sudah tidak mampu mengerjakannya.

5. Kerjasama Dengan Orang Lain

Apabila anda sudah memiliki nama yang cukup terkenal dan terpercaya di hadapan para konsumen maka tidak ada salahnya jika anda mengajak orang lain untuk bekerja sama dengan anda. Dengan kata lain anda menjadi seorang pemimpin dari rekan kerja anda. Yang terpenting anda harus mencari rekan kerja atau karyawan yang tepat.
Baca Juga : 5 Contoh Peluang Bisnis Yang Bisa di Jalankan Remaja
Nah mungkin itulah 5 hal yang harus anda ketahui sebelum terjun ke dalam bisnis penulis artikel lepas ini. Jangan ragu apabila anda ingin memulai usaha ini, karena prospeknya sangat cemerlang dengan penghasilan yang cukup lumayan. Semoga referensi kali ini bermanfaat, terimakasih sudah membaca Peluang Bisnis Penulis Lepas Online.