Peluang Usaha Studio Musik Dengan Modal Kecil Untung Besar

Memulai Usaha Studio Musik Modal Kecil - Selamat datang di seribupeluang, salam sukses untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini seribupeluang akan kembali berbagi referensi bisnis sesuai dengan judul di atas yakni usaha studio musik. Lalu bagaimana sih memulai usaha studio musik itu, berapa modal awalnya? langsung saja simak infonya di bawah ini.

Musik merupakan hiburan untuk semua orang, hampir semua orang menyukai musik, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua bahkan kakek nenek. Jenis musik sangat banyak mulai dari musik islami, pop, rock, dangdut dan lain sebagainya. Saat ini pula bermunculan band band baru mulai dari band yang terkenal hingga band yang didirikan sekedar hobi saja. Melihat hal tersebut tentunya terdapat peluang yang begitu besar di bidang musik ini yakni dengan cara membuka studio musik.

Peluang Usaha Studio Musik Dengan Modal Kecil Untung Besar

Studio musik merupakan tempat yang di gunakan untuk latihan, biasanya sih oleh band band pemula. Karena band terkenal pada umumnya sudah memiliki studio musik sendiri. Namun prospek usaha studio musik ini cukup cemerlang karena jumlah band pemula lebih banyak dari pada band terkenal. Usaha ini sangat cocok di jalankan baik itu di desa maupun di kota, karena band bisa terbentuk dimana saja tanpa pandang lokasi.

Sebelum memulai usaha ini, anda harus mempersiapkan modal baik itu modal uang maupun modal ilmu, karena anda di tuntut benar-benar mengerti alat musik sebelum memulai usaha studio musik ini. Dan berikut ini bebera hal tentang studio musik yang harus anda ketahui.

Peluang Usaha Studio Musik Dengan Modal Kecil


1. Lokasi Studio Musik

Untuk lokasi usaha, anda bisa memanfaatkan sebagaian ruangan di rumah anda, mungkin ruangan dengan luas 3 x 5 meter sudah cukup. Dengan begitu anda bisa menghemat biaya tempat usaha. Namun lokasi terbaik jelas lokasi yang strategis seperti dekat dengan sekolah atau universitas. Anda juga harus menyediakan tempat parkir, ruang tunggu dan lain sebagainya.

2. Spesifkasi Alat Musik

Spesifkasi alat menjadi hal yang sangat penting, spesifkasi terbagi menjadi 3 kategori yakni alat musik lokal (biasa), berlisensi dan original. Jangan buru-buru membeli alat musik, sebaiknya anda menyesuaikan dengan modal awal yang ada. Untuk jenis alat musik lokal, paling tidak di butuhkan modal sekitar 30 jutaan, untuk lisensi sekitar 50 jutaan sedangkan untuk original bisa mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu anda juga harus memperhatikan daerah sekeliling anda, siapa nantinya yang menyewa studio musik anda. Apabila di daerah anda yang menyewa band-band pemula dalam artian masih belajar maka gunakan saja alat musik lokal. Namun apabila band yang menyewa kebanyakan band berkelas yang cukup terkenal di daerah anda maka saya sarakan menggunaka alat musik lisensi atau bahkan original.

3. Ruangan

Apabila membahas ruangan maka banyak yang harus di perhatikan. Terutama luas atau ukuran ruangan. Usahakan membuat ruangan dengan betuk memanjang, jangan sampai ruangan berbentuk kubus. Sebagai contoh anda bisa membuat ruangan ukuran panjang 5 meter, lebar 3 meter dan tinggi 3 meter. Jangan sampai panjang, lebar dan tinggi sama karena suara yang di hasilkan kurang sempurna. Jangan lupa gunakan peredam agar suara tidak keluar ruangan, anda bisa di marahi tetangga sekitar karena merasa terganggu. Selain peredam, jangan lupa gunakan bass trap di setiap sudut ruangan, ukuran bass trap minimal 80 x 120 cm yang bisa di buat permodul dan diisi rigid fiberglass per modulnya. rigid fiberglass umunya berwarna kuning seperti dacron. Selain itu usakan memasang diffusor(pemecah suara) di seluruh permukaan tembok, hindari juga dua permukaan yang saling berhadapan langsung.

4. Sistem Manajemen

Dalam menjalankan usaha ini di butuhkan sistem manajemen yang benar-benar baik terutama manajemen keungan yang meliputi biasa operasioanal seperti alat musik, alat cadangan seperti cadangan stick dan senar gitar. Jangan lupakan juga biaya lain seperti listrik, ac, dan kipas angin.

5. Jangan Lupa Promosikan

Promosi harus anda lakukan terlebih apabila studio musik anda masih baru. Anda bisa promosi dengan cara memberikan harga promo yang murah, melalui banner, pamflet, brosur dan strategi promosi lainnya.
Baca Juga : 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menjanjikan
Rasanya cukup 5 hal di atas yang dapat kami bagikan, memulai usaha ini bukanlah perkara yang mudah karena kita di tuntut maksimal dalam segala hal. Sekian dan teriamakasih atas kunjungan anda yang telah membaca Peluang Usaha Bisnis Studio Musik, semoga bermanfaat.