Tips Sukses Usaha Jualan di Pinggir Jalan Bagi Pemula

Tips Sukses Jualan di Pinggir Jalan - Salam sukses untuk kita semua, di kesempatan kali ini kami ingin membagikan sebuah referensi dengan judul tips sukses usaha jualan di pinggir jalan yang mana berisi tips apa saja yang harus di lakukan agar usaha dagangan kita laku keras dan membuahkan kesuksesan.

Siapa bilang usaha di pinggir jalan tidak bisa sukses? saat ini hampir semua tempat usaha/bisnis yang berada di dekat jalan pasti mudah mendapatkan penghasilan lantaran konsumen mudah menjangkau tempat tersebut.

Tips Sukses Usaha Jualan di Pinggir Jalan Bagi Pemula

Seperti misalnya rumah makan yang di bangun di pinggir jalan, tentunya sangat mudah di jangkau lokasinya dan di ketahui oleh konsumen. Maka tak heran apabila harga tanah di pinggir jalan terutama jalan lintas kota dan provinsi cukup mahal, hingga puluhan juta per meter perseginya mengingat prospek usaha di pinggir jalan cukup menjanjikan.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba agar usaha jualan anda laku keras. Silahkan membaca beberapa Tips Sukses Usaha di Pinggir Jalan Berikut ini.

Tips Sukses Usaha Jualan di Pinggir Jalan


1. Pilih Lokasi Yang Tepat

Lokasi menjadi hal yang paling menentukan sukses tidaknya usaha anda. Apabila anda ingin berjualan di pinggir jalan maka pilihlah lokasi yang ramai, seperti dekat dengan pasar, stadion, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

Usaha seperti jualan makanan, gorengan dan minuman sangat cocok apabila di dirikan di dekat pusat keramaian, dengan begitu konsumen akan mengetahui dan mudah menjangkau lokasi anda.

2. Jenis Barang Yang di Jual

Sebelum anda terjun langsung ke jalan, anda harus melakukan survei jenis barang atau jasa apa yang paling laku di pinggir jalan. Saat ini bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk di jalankan di pinggir jalan. Namun juga tidak menutup kemungkinan bisnis lainnya seperti jualan baju, sepatu, tas, dan elektronik lebih menjanjikan.

Selain itu anda juga bisa berjualan barang sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda. Misalnya anda ingin berjualan bakso dan anda berbakat dalam membuat bakso yang enak, maka tidak ada salahnya jika anda berjualan bakso. Semua bisa di sesuaikan dengan keadaaan yang ada.

3. Tempat/Kios Jualan Yang Nyaman

Tempat anda berjualan tidak harus mewah, yang terpenting konsumen harus betah dan merasa nyaman berada di tempat/kios/warung anda. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kebersihan, dengan tempat yang bersih akan membuat kosumen betah, terlebih apabila anda berjualan makanan, maka kebersihan menjadi hal yang mutlak.

Selanjutnya ialah fasilitas di tempat usaha anda. Pastikan anda memberikan fasilitas sesuai dengan tempat usaha anda, apabila anda usaha jualan makanan maka anda wajib menyedikan kursi, tikar dan meja. Apabila anda usaha jualan baju dengan tempat usaha seeprti ruko maka anda harus memberikan fasilitas seperti AC, kipas angin, radio atau bahkan televisi.

4. Harga Yang Bersahabat

Persaingan usaha di pinggir jalan cukup ketat, anda tahu sendiri bahwa saat ini di pinggir jalan raya pasti ada saja beberapa tempat usaha yang menjual barang/makanan yang sama. Seperti warung bakso yang berdampingan, kios pulsa yang berdampingan dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara kita agar menjadi pemenang? tentu saja anda harus pintar menentukan harga. Tentukan harga yeng bersahabat, misanya di toko A di jual dengan harga Rp. 10.000,- maka di toko anda bisa di bandrol sekitar Rp. 9.500,-. Meskipun cuma berbeda 500 rupiah saja namun akan berdampak besar terhadap keramaian usaha anda. 

5. Pelayanan dan Promosi

Apabila anda ingin memiliki pelanggan tetap maka berikanlah pelayanan yang prima, pelayanan meliputi sopan santun, ramah tamah, menyapa, senyuman. Selain pelayanan yang prima, promosi juga menjadi hal yang penting. Promosi memiliki arti memberi tahukan usaha kita kepada orang banyak. Promosi termurah ialah dengan memasang banner yang berisikan apa saja yang ada di toko/warung anda.
Baca Juga : Peluang Bisnis Batu Akik, Ini Dia Cara Memulainya
Itulah lima tips sukses yang bisa anda lakukan agar usaha jualan di pinggir jalan bisa berkembang dan menguntungkan. Selain kelima tips di atas masih banyak hal lainnya yang mana bisa anda temukan sendiri ketika sudah memulai usaha. Cukup sekian, semoga membantu saudara dalam menjalankan usaha jualan di pinggir jalan, terimakasih.