Peluang Usaha Kolam Pemancingan Ikan dan Analisa Modal Awal

Peluang Usaha Kolam Pemancingan Ikan - Salam sukses untuk kita semua, pada kesempatan kali ini kami ingin mengulas sebuah referensi bisnis yang berisi usaha kolam pemancingan beserta anilisa modal awal dan prospek usaha kolam pemancingan ini.

Kolam pemancingan merupakan tempat favorit bagi beberapa orang terutama yang hobi memancing. Pada umumnya kolam pemancingan akan ramai puncaknya pada hari libur seperti libur hari sabtu-minggu, libur panjang dan hari raya. Semua orang butuh liburan untuk menghilangkan pengat karena aktifitas sehari-hari. Sehingga kolam pemancingan menjadi pilihan yang tepat untuk di jadikan usaha sampingan menjanjikan.

Peluang Usaha Kolam Pemancingan Ikan

Memancing merupakan hobi untuk semua umur, tidak hanya orang tua saja. Anak kecil, remaja hingga orang tua juga hobi dengan kegiatan yang satu ini. Sehingga peminatnya cukup banyak dan prospek usaha kolam pemancingan sangat menjanjikan.

Lalu hal apa saja yang harus kita lakukan serta berapa modal awal yang di butuhkan untuk memulai usaha ini, sebaiknya anda membaca ulasan peluang usaha kolam pemancingan berikut ini.

Peluang Usaha Sampingan Kolam Pemancingan Ikan


1. Memulai Usaha

Sebelum anda terjun langsung ke dunia bisnis kolam pemancingan ini alangkah baiknya apabila anda membaca beberapa hal yang harus anda ketahui berikut ini.
  1. Sipakan Lokasi pemacingan yang luas, mulai dari kolam pemancingan, tempat pelanggan memancing dan juga halaman parkir. Gunakan lahan anda sendiri jika punya, namun jika tidak punya lahan yang memadai maka bisa membeli atau menyewa.
  2. Pilihlan lokasi pemacingan yang strategis, mudah di jangkau dan mudah di ketahui banyak orang. Selain itu usahakan memilih lokasi pemancingan dengan pemandangan sekitar yang indah agar pelanggan betah.
  3. Apabila lahan yang ada cukup luas, maka bangunlah kolam pemancingan lebih dari satu, agar pengunjung bisa memilih dan tidak mudah bosan.
  4. Bangunlah tempat untuk pemancing yang nyaman serta teduh, seperti menambahkan kursi, meja atau bahkan bangunan seperti pondok agar muat untuk satu keluarga.
  5. Bangun juga rumah makan kecil-kecilan yang nantinya bisa di gunakan untuk berjualan berbagai kebutuhan konsumen seperti makanan, minuman, gorengan dan lain sebagainya. Bahkan anda bisa membuat konsep ikan yang di dapat bisa di masak dan di makan di tempat.
  6. Tebarkan bibit ikan di kolam pemacingan, hal ini tentu saja wajib. Jenis ikan yang bisa anda tebarkan adalah ikan gurame, nila, ikan mas, ikan lele dan lain sebagainya. Semakin banyak jenisnya semakin baik.

2. Analias Modal Awal

Analisa modal awal di bawah ini merupakan analias modal untuk usaha pemancingan dengan skala kecil, modal bisa saja berbeda tergantung besar kecilnya usaha kolam tersebut, selain itu apabila lahan yang di gunakan milik orang lain atau kita membeli maka modal awal semakin besar. Dan ini dia perkiraan modal awal usaha pemancingan skala kecil.

Biaya Awal
Modal Awal Pembuatan Kolam Rp 3.000.000,00
Bibit Ikan Rp 2.000.000,00
Alat (alat masak, jaring, kail, piring, gelas dll) Rp 2.000.000,00
Total Rp 7.000.000,00
Biaya Operasional Per Bulan
Pegawai Rp 2.800.000,00
Bahan Masakan Rp 1.000.000,00
Bibit Ikan Rp 1.000.000,00 +
Total Rp 4.800.000,00

- Perkiraan omzet per bulan : Rp 6.000.000,00
- Laba bersih per bulan : (Rp 6.000.000,00 - Rp 4.800.000,00) = Rp 1.200.000,00

3. Hambatan Bisnis

Dalam setiap usaha pasti ada saja hambatannya, sedangkan untuk usaha kolam pemancingan ini beberapa hal yang bisa menghambat penghasilan adalah sebagai berikut :
  1. Persaingan yang ketat karena saat ini banyak yang memulai usaha ini, semakin minim persaingan maka semakin baik.
  2. Cuaca buruk seperti musim penghujan, dengan begitu pengunjung akan menurun.
  3. Terkadang sulit mencari bibit ikan yang bagus dan mencari pakan ikan karena distribusi pakan yang kacau. Namun semua tergantung dari lokasi tempat usaha anda.

4. Strategi Pemasaran

Berikut ini beberapa strategi yang bisa anda terapkan apabila anda sudah memiliki kolam pemancingan :
  1. Promosikan kolam pemancingan agar cepat di ketahui banyak orang, seperti melalui koran, banner, televisi lokal, brosur dan lain sebagainya.
  2. Sering-sering di adakan event atau acara khusus seperti lomba memancing, diskon memancing, panggung hiburan dan lain sebagainya.
  3. Berikan pelayan yang prima, ingatkan karyawan anda agar memberikan pelayan yang memuaskan bagi pengunjung.
  4. Berikan harga yang bersaing, dengan harga yang bersahabat di harapakan kolam pemacingan anda lebih ramai.
Baca Juga : Tips Sukses Usaha Jualan di Pinggir Jalan Bagi Pemula
Itulah beberapa hal yang bisa anda terapkan atau anda pelajari sebelum memulai usaha kolam pemancingan. Usaha ini sangat cocok di jalankan bagi anda yanh hobi memancing atau bagi anda yang memiliki lahan luas. Sekian yang dapat kami bagikan, semoga membantu pembaca semua yang membutuhkan informasnya. Terimakasih atas kunjungannya dan telah membaca referensi Peluang Bisnis Sampingan Kolam Pemancingan.