Contoh Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) Tahun Ini

Contoh Bisnis UKM Usaha Kecil Menengah berikut ini merupakan ulasan bisnis yang akan admin bagikan pada kesempatan kali ini. Usaha UKM atau usaha kecil menengah merupakan motor penggerak perekonomian selama ini, jadi tak heran apabila banyak sekali orang yang berlomba-lomba memulai usaha UKM mengingat prospeknya yang sangat menjanjikan.

Di dalam dunia wirausaha, bisnis UKM cukup di gemari oleh banyak orang, jenis usaha ini sangat cocok untuk semua orang baik yang memiliki modal kecil maupun modal sedang. Usaha kecil menengah yang bisa di jalankan cukup bervariasi, tergantung dari modal awal yang ada.


Contoh Bisnus Usaha Kecil Menengah (UKM) Tahun Ini

Bisnis UKM sendiri telah memberikan banyak peluang usaha atau peluang kerja bagi banyak orang termasuk pengangguran, melihat hal tersebut tentunya membawa dampak yang positif bagi perekonomian di negara kita ini. Namun terkadang kita masih bingung dan ragu untuk memulai usaha UKM karena bingung ingin memulai usaha apa. Bagi anda yang bingung sebaiknya membaca beberapa contoh usaha UKM berikut ini.

Contoh Bisnis UKM Usaha Kecil Menengah


1. Bisnis UKM Bidang Kuliner

Usaha kuliner merupakan jenis usaha yang selalu laku dan tidak ada matinya. Hal tersebut sudah menjadi takdir manusia yang membutuhkan makanan setiap hari. Usaha kuliner UKM yang bisa di jalankan juga cukup beragam, tentunya modal awal yang ada menjadi hal pertimbangan yang penting. Jika memiliki modal yang kecil alangkah baiknya jika membuka usaha kuliner dengan skala yang kecil, begitupun sebaliknya. Contoh usaha UKM kuliner seperti jualan cemilan, gorengan, jualan makanan, membuka rumah makan, membuka restoran kecil atau bisa juga membuka usaha kafe. Anda tertarik dengan usaha kafe, baca saja ulasan Usaha Cafe Modal Kecil Beserta Tips Cara Memulainya.

2. Bisnis UKM Bidang Fashion

Usaha UKM bidang fashion atau pakaian hampir sama dengan usaha kuliner, usaha yang satu ini tidak ada matinya, bahkan memiliki prospek yang terus meningkat di setiap tahunnya. Pakaian merupakan kebutuhan pokok setiap manusia dan saat ini manusia menginginkan model pakaian yang beraneka ragam. Contoh usaha UKM dalam bidang fashion cukup banyak seperti membuka toko pakaian, membuka distro yang menjual pakaian khusus untuk anak muda, toko batik, baju muslim dan lain sebagainya. Namun apabila anda memiliki modal yang pas-pasan tak perlu takut untuk memulai usaha UKM fashion ini, karena saat ini sudah banyak supplier fashion yang menawarkan penjualan dengan sistem reseller dan dropship.

3. Bisnis UKM Bidang Pertanian

Bisnis UKM dalam bidang pertanian ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan, kita tahu sendiri bahwa di negara kita ini memiliki tanah yang cukup subur, hampir di setiap daerah di negara kita ini di anugrahi tanah yang subur. Tak heran apabila sekitar 70% mayoritas pekerjaan masyarakat Indonesia ialah Petani. Melihat hal yang demikian tentunya usaha apapun di bidang pertanian memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Contoh usaha pertanian UKM cukup banyak seperti beras, jagung, sayuran, buah-buahan, tanaman hias dan lain sebagainya.

4. Bisnis UKM Bidang Peternakan

Negara kita ini memang di anugrahi dengan sumber daya alam yang melimpah, baik itu dari segi energi, pangan, tumbuhan dan juga hewan. Hampir semua hewan yang ada di Dunia juga ada di Indonesia, bahkan hewan seperti Komodo dan Badak bercula satu hanya ada di negara kita ini. Usaha dalam bidang peternakan memang cukup menjanjikan, hal tersebut tak lepas dari pakan ternak yang melimpah terutama di daerah pedesaan. Contoh UKM bidang peternakan yang bisa di jalankan seperti sapi perah, kambing susu etawa, ayam, kambing dan masih banyak lagi.

5. Bisnis UKM Bidang Teknologi dan Internet

Seiring majunya teknologi saat ini banyak memunculkan jenis usaha baru khususnya dalam bidang internet. Bukan menjadi rahasia lagi jika internet menjadi pondasi perekonomian belakangan ini, semua aspek bisnis baik skala kecil maupun menengah pasti membutuhkan internet dan menjalankan semuanya secara Online. Untuk bisnis UKM dalam bidang internet ini juga cukup beragam seperti toko online, media online, internet advertising, jasa periklanan, menjadi reseller dan lain sebagainya.

Itulah beberapa contoh usaha kecil menengah yang bisa di jalankan saat ini, usaha UKM memang menjadi roda perekonomian belakang ini. Sekian yang bisa kami bagikan, terimakasih banyak telah berkunjung ke blog ini dan membaca ulasan Contoh Bisnis UKM Usaha Kecil Menengah.
Baca Juga : Tips Sukses Memulai Usaha Waralaba Bagi Pemula