Contoh Bisnis UKM Bidang Kuliner Yang Menguntungkan

Contoh Bisnis UKM Kuliner ini merupakan ulasan bisnis yang membahas contoh-contoh usaha kuliner apa saja yang bersifat usaha kecil menengah atau UKM yang bisa di jalankan oleh pemula baik dengan modal kecil maupaun dengan modal sedang. Usaha UKM telah terbukti membawa dampak yang positif terhadap kemajuan perekonomian di Indonesia.

Dengan adanya pelaku bisnis UKM maka banyak orang yang sekarang ini menjadi wirausaha dan tentunya mengurangi pengagguran. Terlebih jika usaha UKM tersebut bersifat sedang, maka di butuhkan karyawan sehingga pengangguran bisa berkurang. Salah satu bisnis UKM yang bisa di jalankan ialah usaha kuliner, usaha ini sangat cocok di jalankan di manapun tempat tinggal anda.

Contoh Bisnis UKM Bidang Kuliner Yang Menguntungkan

Usaha yang berlatar belakang kuliner atau makanan memang tidak ada matinya, prospeknya akan terus meningkat seiring banyaknya jumlah manusia. Usaha kuliner sendiri bisa di mulai dengan modal yang kecil dan sedang. Nah, bagi anda yang tertarik dengan bisnis UKM bidang kuliner baca saja beberapa contohnya di bawah ini.

Contoh Bisnis UKM Bidang Kuliner


1. Bisnis UKM  Berjualan Gorengan

Bisnis UKM kuliner ini tidaklah membutuhkan modal yang besar, anda bisa memulainya dengan modal yang kecil. Berjualan gorengan bisa anda lakukan di tempat-tempat yang ramai seperti dekat jalan raya, dekat pasar, keramaian dan lain sebagainya. Usaha UKM gorengan ini memiliki prospek yang cukup bagus, terlebih saat musim hujan tiba. Banyak sekali jenis gorengan yang bisa anda jual, seperti pisang goreng, tape goreng, ubi goreng, tempe dan tahu goreng dan masih banyak lagi. Namun agar usaha gorengan anda menjadi yang terbaik, usahakan anda sekreatif mungkin dalam menyajikan gorengan baik dari bentuk, rasa, varian, warna ataupun cara penyajian.

2. Bisnis UKM Berjualan Cemilan dan Snack

Bisnis UKM selanjutnya yang bisa anda coba ialah berjualan cemilan, snack, jajanan dan lain sebagainya. Banyak sekali jenis cemilan yang bisa anda jual. Saran saya sebaiknya anda membuat cemilan sendiri agar keuntungan jauh lebih besar, selain itu alangkah baiknya jika anda berjualan cemilan dengan bahan baku yang mudah di dapatkan. Misalnya anda sekarang berada di daerah Lumajang, nah karena lumajang ini tempatnya pisang maka anda bisa berjualan Keripik pisang. Jika anda berada di Malang, maka anda bisa berjualan cemilan yang terbuat dari Apel.

3. Bisnis UKM Berjaulan Aneka Minuman

Contoh Usaha UKM kuliner selanjutnya yang juga membutuhkan modal kecil ialah berjualan minuman. Nah, usaha yang satu ini sangat cocok apabila di jalankan di pinggir jalan raya atau pusat keramaian. Banyak sekali jenis usaha minuman yang bisa anda jual, seperti ice cream, es buah, es kelapa muda, es buto ijo, jus buah, kopi, teh, susu dan lain sebagainya.

4. Bisnis UKM Warung Tenda Harga Terjangkau

Anda pernah makan di warung tenda? apa yang bisa anda petik dari usaha yang satu ini. Warung tenda sendiri berbeda dengan rumah makan, warung tenda ini bisa berpindah tempat kapanpun, karena tidak bersifat permanen. Nah, tempat yang paling strategis untuk membuka usaha ini ialah dekat dengan Universitas, pasar, pabrik dan lain sebagainya. Sebelum membuka warung tenda anda harus membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu. Jangan lupa jika usaha anda dekat dengan kampus dan pabrik berikan bandrol harga yang terjangkau kepada konsumen anda.

5. Bisnis UKM Catering Rumahan

Untuk usaha catering ini bisa anda buka dengan modal yang sedang, karena untuk memulainya anda mebutuhkan banyak sekali peralatan seperti peralatan memasak, peralatan untuk makan bahkan biasanya juga di perlukan tenda. Usaha catering memang tidak ada matinya, prospeknya terus meningkat akhir-akhir ini. Ini di karenakan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang terus meningkat dan juga budaya serba instan mulai muncul di masyarakat secara luas. Dengan hal tersebut tentunya usaha catering menjadi pilihan utama untuk mengisi segmen konsumsi saat ada acara seperti pernikahan dan lain sebagainya.

6. Bisnis UKM Rumah Makan

Rumah makan menjadi contoh terakhir yang kami berikan, usaha rumah makan ini tentunya bersifat kecil saja terlebih dahulu. Meskipun bersifat kecil, namun modal awal yang di butuhkan tidak lah sedikit. Usaha rumah makan ini agar terlihat lebih berbeda dengan yang lain bisa anda buat se-khas mungkin. Seperti menyajikan makanan khas ala Jawa, Kalimantan, Bali, Papua dan lain sebegainya

Bagaimana dengan contoh usaha UKM bidang kuliner di atas, ada yang membuat anda tertarik? atau anda memiliki perencanaan usaha sendiri. Tentunya hanya anda yang tahu apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Kami rasa cukup sekian yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat untuk kita semua dan terimakasih telah membaca Contoh Bisnis Usaha Kecil Menengah Kuliner.
Baca Juga : Contoh Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) Tahun Ini