Tips Sukses Promosi untuk Memaksimalkan Bisnis Cafe

Tips Sukses Promosi Bisnis Kafe - Bisnis café tampaknya mulai dilirik para pebisnis. Peluang keuntungan yang menggiurkan hasil perpaduan antara bisnis kuliner dan tempat bersantai. Didukung gaya hidup anak muda sekarang yang sering memanfaatkan café sebagai tempat nongkrong, kumpul keluarga, diskusi hingga acara komunitas. Berkembangnya bisnis café ini juga terlihat dari menjamurnya café di setiap sudut kota. Bahkan tidak sedikit pelaku bisnis yang kemudian mengalihkan perhatiannya pada bisnis café ini.

Nah bagi Anda yang ingin membangun bisnis café atau yang ingin mengembangkan bisnis café agar banyak peminat dan menghasilkan keuntungan yang besar, maka silakan mencermati beberapa poin cara memaksimalkan promosi untuk bisnis café berikut ini.

Tips Sukses Promosi untuk Memaksimalkan Bisnis Cafe


Tips Cara Promosi Usaha Kafe Yang Bisa di Coba


1. Makan Puas, Bayar Bebas

Terkadang biaya promo dapat ditekan dengan membuat keunikan yang tertarget. Seperti membuka café di minggu pertama dengan tanpa bayar sedikit pun, alias gratis. Boleh makan sepuasnya, tanpa harus memikirkan biayanya. Hitung-hitung trik promosi cafe ini lebih efektif dan murah jika dibanding dengan memasang papan iklan, baliho, dan produk periklanan lainnya. Dan target menghadirkan pelanggan juga tercapai.

2. Gratis Nasi Sepuasnya

Karena nasi adalah makanan favorit orang Indonesia, maka bisa dijadikan senjata untuk menggaet banyak pelanggan. Tentunya dengan syarat hanya dimakan saat di café saja.

3. Jaminan Layanan Antar

Anda juga bisa membuat trik memberikan layanan antar dalam waktu dan pada skala radius tertentu. Misalnya, jika dalam satu jam pesanan tidak sampai tujuan, maka dianggap gratis. Dengan syarat hanya dalam kota, tidak terjadi force majure seperti kecelakaan, macet dan sebagainya.

4. Rame Setiap Hari

Meski sebenarnya sepi, tetapi buatlah café selalu rame setiap hari. Caranya ajak kawan-kawan, saudara, rekanan dan lain-lain untuk nongkrong berlama-lama di café. Siapkan diskon atau bahkan gratis makan. Agar setiap hari selalu rame, buatlah jadwal untuk setiap orang yang diundang. Cara ini cukup efektif untuk memperlihatkan kepada khalayak bahwa café selalu rame dari pertama kali buka.

5. Trik Area Parkir Mobil

Idealnya, café memiliki parkir mobil yang cukup. Trik memanfaatkan parkir ini adalah dengan cara meminta saudara, teman, tetangga café dan lainnya yang memiliki mobil untuk memarkirkan mobilnya di area parkir café. Hal ini akan mengundang perhatian calon pelanggan.

6. Ucapan Karangan Bunga

Saat café baru dibuka, hubungilah kawan-kawan sesama pebisnis untuk membuat karangan bunga yang berisi ucapan selamat atas dibukanya café baru Anda. Anda bisa pula membuat trik mendanai biaya pembuatan karangan bunga, agar café terkesan memiliki banyak relasi.

7. Nama Unik

Tips Promosi Usaha Kafe selanjutnya ialah nama brand atau nama dari kafe tersebut. Nama unik akan menjadi magnet penyedot calon pelanggan. Mereka penasaran dengan café yang memiliki ciri unik pada namanya. Mereka pasti memperbincangkan nama unik café yang pernah mereka kunjungi. Sebuah promosi yang cukup efektif agar café makin mudah dikenal.
Baca : Contoh Lokasi Usaha Kafe Yang Tepat Agar Pengunjung Ramai

8. Peralatan Unik

Anda bisa membuat slogan, ‘Cangkir terbesar di Indonesia.’ Setiap kali ada pesanan, maka cangkir ini menjadi salah satu wadahnya. Anda bisa membuatkan cangkir unik ke pengrajin. Ide unik dan menggelitik seperti ini atau model lainnya akan menjadi buah bibir pelanggan.

9. Sediakan Ikon Sesuatu

Anda bisa menempatkan sesuatu yang dapat menjadi daya tarik dan mudah diingat oleh pelanggan saat berkunjung di café. Seperti memelihara hewan iguana yang besar, atau burung beo yang bisa meniru ucapan, hasil kreatifitas barang bekas, barang yang unik dan jarang ada dan lainnya.

10. Undang Orang Beken

Orang Populer apapun baik pemain sinetron atau artis film, host, atlet, ustadz, dai dan orang-orang populer untuk makan gratis di café Anda. Ajak dia foto bareng. Lalu minta agar mereka membuat tweet seputar testimoni café. Kemudian pajang foto di depan lobi café sebagai pengundang rasa kagum pelanggan. Selain itu, Anda juga bisa mengundang media, blogger, admin situs untuk hadir mencicipi makanan di café. Tentu saja harapannya, mereka akan menuliskan sesuatu yang baik tentang café Anda di media yang mereka geluti, entah koran, internet, majalah ataupun televisi.

11. Buat Acara dan Event

Anda bisa pula menarik minat pelanggan dengan cara membuat event yang melibatkan banyak orang. Seperti nonton bola bareng, ajang pensi, ngejam bareng, lomba, diskusi anak muda dan narkoba dan lain sebagainya.

12. Bayar Influencer

Cari akun twitter yang memiliki banyak follower. Hubungi mereka agar membuat cuitan yang berisi testimoni tentang café Anda. Biaya pengeluaran agak besar namun area pemasaran makin luas terkait dengan domisili semua followers yang ada.

13. Aneka Cara Promosi Diskon

Selain trik di atas, Anda bisa pula memanfaatkan diskon atau potongan harga untuk menggaet banyak pelanggan. Sebab, umumnya apa saja yang berbau diskon akan mudah diterima dan dicari banyak orang. Dan berikut beberapa trik promosinya.

• Rush Hour Discount
Artinya berikan diskon pada jam tertentu, misalnya satu jam setiap hari Senin. Sehingga siapa saja yang datang di waktu itu, ia akan mendapatkan diskon yang ekstrim, misal diskon hingga 80%, untuk memancing perhatian orang-orang.

• Discount for Ladies
Khusus bagi wanita akan mendapatkan diskon pada hari tertentu secara berkala, misal setiap sebulan sekali. Atau bisa pula memanfaatkan Hari Ibu dengan diskon fantastis hingga gratis khusus untuk wanita yang telah menjadi ibu.

• Cuitan twitter berdiskon
Gunakan media sosial tweeter untuk menjaring pelanggan melalui promo diskon bagi yang membuat tweet dengan menyertakan hastag dan akun twitter café. Dengan cara ini, semua follower akun yang membuat tweet akan membacanya. Sehingga menjadi sarana promosi yang sangat efektif.

• Gratis Saat Ulang Tahun
Sediakan promo bagi pelanggan yang ulang tahun pada hari itu dengan makan gratis sepuasnya. Trik ini tentu akan dijadikan pelanggan untuk hadir tidak sendirian. Dimana mereka makan gratis, sedang teman yang diajak tetap makan berbayar. Sebab biasanya ada rasa malu jika harus makan gratis sendirian.

• Group Discount
Diskon model grup atau kelompok juga bisa dicoba. Misalkan satu grup yang berisi minimal 10 orang akan mendapatkan diskon sekian persen dan sebagainya. Hal ini akan menarik minat komunitas, grup, kelompok dan rombongan tertentu.

Cara promosi bisnis café di atas dapat Anda terapkan sebagai upaya untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan yang banyak. Namun ada satu hal yang perlu dipahami lebih jauh adalah bagaimana membuat bisnis café yang mengikuti peraturan pemerintah dan tidak ada unsur kejahatan di dalamnya. Sebab acap kali café dijadikan tempat untuk berbuat tidak baik bagi pelanggannya. Bahkan anda juga bisa membuta kafe dengan kesan Islami di dalamnya, hal ini tegolong unik dan jarang sekali ada. Tentu anda bisa mencobanya sekarang juga.
Baca Juga : 6 Barang Bekas Untuk Usaha dan Kerajinan Tangan Menjanjikan
Demikian informasi cara promosi bisnis café ini yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk kita semua, terimakasih sudah menyikam artikel Tips Promosi Usaha Cafe Yang Tepat Menjanjikan.