7 Cara Memulai Bisnis Tiket Pesawat dan Kereta Api Online

Cara Bisnis Tiket Pesawat dan Kereta Api - Perkembangan transportasi di zaman modern sangat cepat menuntut proses pembelian tiket semakin mudah. Sekarang untuk menaiki transportasi kereta dan pesawat lebih mudah karena adanya tempat jual tiket secara online. Meningkatnya jumlah pemakai transportasi umum tersebut membuat peluang bisnis ticketing terlihat menggiurkan. Cara bisnis tiket pesawat dan kereta api dinilai lebih menguntungkan karena jumlah pengguna transportasi kereta dan pesawat semakin tinggi. Memesan tiket melalui online bisa dilakukan memakai komputer dan smartphone. Sistem booking dalam transaksi tiket online menjadi satu keunggulan yang bisa didapat konsumen.

7 Cara Memulai Bisnis Tiket Pesawat dan Kereta Api Online

Memulai bisnis tiket pesawat dan kereta api harus mempersiapkan peralatan dan memahami sistem penjualannya. Banyak orang melakukan bisnis tiket pesawat dan kereta api dengan benar dan hasilnya bisa mendapatkan untung besar. Benefit dari bisnis ticketing ini memang cukup besar sehingga banyak orang tergiur untuk menjalankan bisnis ini. Lalu bagaimana langkah memulai bisnis tiket pesawat dan kereta api dengan benar? berikut seribupeluang bagikan ulasannya.

Tips Memulai Bisnis Tiket Pesawat dan Kereta Api Online


1. Mempersiapkan Peralatan

Untuk Menjalankan bisnis ticketing harus memiliki peralatan lengkap yang mendukung proses transaksi. Memang membutuhkan banyak modal dalam mengawali bisnis ini, namun jika Anda melakukannya dengan benar maka keuntungan yang didapat pasti besar. Cara bisnis tiket pesawat dan kereta api harus mempersiapkan beberapa peralatan seperti smartphone, printer, akses internet, komputer atau laptop, meja dan kursi serta rekening bank. Untuk koneksi internet pilihlah provider internet terpercaya agar dalam setiap kondisi cuaca apapun tidak mengalami masalah. Bisnis jual tiket ini berhubungan dengan waktu, jadi sangat penting memperhatikan ketepatan waktu dalam melakukan pemesanan. Sementara dalam melakukan bisnis tiket pesawat dan kereta api, alangkah baiknya jika smartphone yang di gunakan memiliki spesifikasi mumpuni untuk mencegah terjadinya loading lama. Karena dilakukan dalam sistem online maka koneksi internet harus cepat dan stabil.

2. Mengenali Sistem Reservasi Bisnis Tiket Online

Sistem reservasi tiket sangat penting dalam bisnis ini, setiap calon pembeli bisa melihat berapa jumlah tiket yang tersedia, harga tiket, dan jenis pesawat atau kereta. Cara bisnis tiket pesawat dan kereta api tidak hanya melihat jadwal keberangkatan pesawat atau kereta saja, tetapi harus tahu bagaimana mendapatkan tiket promo. Biasanya tiket promo diluncurkan pada saat hari tertentu seperti hari besar dan ulang tahun armada pesawat. Bagi agen atau pebisnis tiket online harus mengerti sistem tiket promo dengan patokan harga lebih murah.

3. Buat Aplikasi Reservasi Tiket

Jika Anda mempunyai modal lebih manfaatkan untuk membuat sebuah situs pemesanan tiket online, baik dengan cara membuat website atau bahkan memesan aplikasi. Saat ini banyak situs website khusus penjualan tiket menawarkan berbagai fasilitas seperti harga lebih murah dan dibarengi dengan pemesanan hotel. Cara bisnis tiket pesawat dan kereta api sebenarnya lebih fleksibel karena bisa dipadukan dengan pemesanan hotel. Anda bisa memanfaatkan momen liburan seperti saat libur Lebaran untuk membuat satu website reservasi tiket.

4. Mempersiapkan Legalitas atau Perizinan

Bisnis jual tiket pesawat dan kereta melalui online harus memiliki izin keagenan dari maskapai, untuk kereta hanya membutuhkan izin dari PT KAI saja dan biasanya sering tidak memiliki izin. Sendangkan untuk tiket pesawat harus mendapat izin maskapai. Cara bisnis tiket pesawat dan kereta api dalam mendapatkan izin harus melalui beberapa cara yakni bentuk usaha harus berbentuk PT atau Perseroan Terbatas. Perlu mempersiapkan badan hukum ke notaris. Lalu tempat atau lokasi usaha harus layak dan strategis. Cara bisnis tiket pesawat dan kereta api ini dalam menentukan lokasi harus mempunyai sertifikat tanah dan bukti pembayaran PBB. Bila perlu Anda mendaftarkan diri dalam ASITA atau Asosiasi Pariwisata Indonesia.

5. Memperluas Relasi

Setiap usaha selain ticketing memerlukan relasi atau teman. Karena bidang usaha yang akan dijalankan berhubungan dengan transportasi maka peluang mendapatkan relasi jauh lebih besar. Cara bisnis tiket pesawat dan kereta api dengan memperluas relasi akan menambah keuntungan di setiap transaksi, bisa dikatakan teman akan berlangganan beli tiket kepada Anda, hal tersebut bisa jadi satu keuntungan besar jika jumlah teman terbilang banyak.

6. Memperhatikan Personalia dan Manajemen Usaha

Untuk bisnis ticketing tidak membutuhkan banya pekerja, hanya butuh satu atau dua pegawai termasuk owner. Jika memilih pegawai dalam melakukan cara bisnis tiket pesawat dan kereta api  pilihlah karyawan berlatar belakang pendidikan pariwisata karena lebih mengerti tentang dunia pariwisata dan ticketing. Bila ingin mendapat pegawai dengan tarif gaji cukup rendah bukalah pendaftaran magang dari universitas dengan jurusan pariwisata.

7. Melakukan Promosi

Bisnis jual tiket pesawat dan kereta api secara online membutuhkan kegiatan promosi untuk mengenalkan perusahaan Anda kepada konsumen. Cara bisnis tiket pesawat dan kereta api dalam bidang promosi bisa dengan cara membuat iklan kemudian disebarkan melalui televisi. Memang untuk membuat iklan membutuhkan biaya cukup besar, tetapi langkah awal ini bisa dihemat dengan memasangnya di stasiun televisi lokal terlebih dahulu. Jika nanti dalam langkah atau cara bisnis tiket pesawat dan kereta api mendapat penambahan konsumen maka bisa dilanjutkan dengan memasang iklan di stasiun tv swasta. Tidak hanya dari media televisi saja, untuk cara bisnis tiket pesawat dan kereta api ini dapat dijalankan di internet lewat promosi blog, website, dan sosial media. Penggunaan fasilitas internet dalam kegiatan promosi lebih murah dan cepat.

Ulasan mengenai cara bisnis tiket pesawat dan kereta api bisa Anda gunakan sebagai pedoman untuk memulai bisnis jual tiket pesawat dan kereta api. Jika sudah berkembang, Anda bisa melebarkan pangsa pasar dengan membuka cabang atau kantor di berbagai kota. Memang terlihat cukup rumit dalam memulai kegiatan bisnis tiket pesawat dan kereta api, namun keuntungan dari bisnis ini sangat besar dan prospeknya sangat bagus.
Baca Juga : Analisa Peluang Usaha Budidaya Ikan Gurami Yang Menjanjikan
Cukup sekian informasi yang dapat kami bagikan di kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang tertarik dan jangan lupa untuk share artikel ini kepada orang lain melalui media sosial. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, nantikan artikel bisnis lainnya dan salam sukses bisnis tiket pesawat dan kereta api.