Tips Cara Sukses Ternak Ayam Potong / Boiler

Tips Cara Sukses Ternak Ayam Potong merupakan referensi yang patut di baca terutama bagi seorang peternak ayam potong atau bagi anda yang masih pemula dan ingin memulai usaha budidaya ayam potong. Pada dasarnya ayam potong atau yang dapat di sebut juga dengan ayam boiler atau ayam sayur ini cukup mudah untuk di ternak, bahkan dapat anda jadikan sebagai pekerjaan sampingan mengingat waktu yang di butuhkan untuk mengelola usaha ini cukup sedikit.

Beternak Ayam Boiler memiliki potensi yang cukup bagus karena ayam merupakan makanan berupa daging yang cukup banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia, sehingga anda tak perlu khawatir dengan potensi usaha ternak ini.

Tips Cara Sukses Ternak Ayam Potong / Boiler

Sedikit informasi, bahwa ayam potong merupakan ayam yang mampu tumbuh dengan berat hingga 5 kg, harga per kilo dapat mencapai 20.000 rupiah di pasaran sehingga usaha ternak ayam ini memang sangat-sangat menggiurkan. Bagi anda yang ingin memulai usaha ini dapat membaca tips cara sukses ternak ayam di bawah ini.

Tips Cara Sukses Ternak Ayam Potong


1. Persiapkan Kandang Yang Layak

Kandang ayam atau tempat tinggal ayam merupakan bagian terpenting yang harus di miliki oleh peternak sebelum membeli bibit ayam, karena kandang ayam wajib tersedia sebagai tempat tinggal ayam. Paling tidak kandang ayam harus memenuhi beberapa syarat berikut :
- Kandang dengan ukuran sebanding dengan jumlah ayam, misalnya jika anda beternak ayam sebanyak 100 ekor maka usahakan kandang ayam memiliki luas sekita 25 meter persegi.
- kebersihan kandang yang harus terjaga. Anda dapat membuat kandang dengan lantai yang sedikit miring agar memudahkan untuk membersihkan kotoran.
- Kandang harus memiliki ventilasi, atap dan juga dinding yang menyeluruh mengingat ayam boiler tidak tahan terhadap suhu dingin.

2. Peralatan Kandang Lengkap

Peralatan kandang yang wajib ada seperti tempat makan, tempat minum, pemanas (biasanya menggunakan lampu pijar), Pembersih, dan Peralatan Lainnya yang sekiranya di perlukan.

3. Bibit Ayam Yang Sehat

Sebelum membeli bibit ayam, pastikan bibit yang anda beli memiliki kriteria yang baik dan sehat seperti kelincahan, bulu yang sehat, tidak ada cacat, berat badan dan ukuran.

4. Gizi Ayam Yang Cukup

Gizi ayam meliputi makanan dan minuman. Pastikan anda memberi makan ayam dengan makanan khusus untuk ayam potong, berikan makan 3 kali sehari dengan jumlah yang sesuai dengan jumlah ayam. Selain itu berikan campuran obat sehat pada minuman ayam yang berfungsi untuk menghindari penyakit dan mempercepat pertumbuhan ayam.

5. Pemasaran

Pemasaran Ayam potong terbilang cukup mudah, bahkan biasanya para Pembeli atau tengkulak ayam akan langsung datang ke tempat ternak ayam anda untuk membeli ayam secara langsung. Ada 1 trik khusus yang dapat anda lakukan yakni dengan memanen ayam dalam waktu singkat ketika harga ayam boiler melambung tinggi. Ini akan membuat penghasilan anda berlimpat ganda apalagi memanen dalam waktu singkat membuat biaya operasional menjadi lebih hemat.
Baca Juga : Peluang Usaha Jualan Es, Modal Awal Dan Cara Memulainya
Nah, itulah beberapa tips sukses budidaya ayam yang dapat anda lakukan, cara di atas harus anda terapkan untuk hasil yang lebih maksimal. Demikianlah yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga saja Tips Cara Sukses Ternak Ayam Potong ini dapat menjadi sumber inspirasi yang bermanfaat, terimakasih.