Tips Bagaimana Memulai Usaha Cuci Motor Agar Sukses Besar

Tips Sukses Bisnis Cuci Motor - Ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa di geluti di dunia ini, salah satunya usaha cuci motor. Usaha yang satu ini masuk dalam kategori usaha dengan modal yang bervariasi, tergantung dari diri kita sendiri, membuka usaha pencucian dengan skala kecil atau besar. Selain itu tergantung juga dengan mesin dan alat-alat yang di gunakan, semakin canggih dan lengkap alat yang di gunakan tentu modalnya semakin besar pula.

Di kesempatan yang berbahagia kali ini seribupeluang akan membagikan referensi mengenai bisnis cuci motor sekaligus analisa usaha cuci motor ini. Siapa tahu menjadi bahan referensi khususnya bagi pembaca yang ingin memulai bisnis yang satu ini.

Memulai Usaha Cuci Motor Agar Sukses Besar

Sekarang ini jika kita melihat di jalanan sudah pasti kendaraan yang paling banyak di gunakan adalah motor. Kendaraan roda dua ini memang menjadi pilihan banyak orang, selain harganya yang jauh lebih murah dari pada mobil, motor juga lebih cepat di gunakan karena lebih mudah dalam berakselerasi dan jarang sekali motor mengalami kemacetan layaknya mobil.

Di Indonesia sendiri bisa di katakan jika penjualan motor sangat tinggi. Peminat kendaraan roda dua terus meningkat setiap tahunnya dan tak heran pula jika ada puluhan brand yang menjual motor di Indonesia.

Melihat fakta yang ada maka beberapa jenis usaha yang ada kaitannya dengan motor pasti memiliki prospek yang sangat cemerlang, salah satunya adalah usaha pencucian sepeda motor. Usaha yang satu ini jelas di butuhkan banyak orang terutama pengendara yang malas mencuci kendaraan sendiri. Memang mencuci kendaraan motor termasuk hal yang berat, terutama bagi wanita. Sehingga tak heran jika banyak orang yang lebih memilih pergi ke pecucian motor.

Usaha pencucian motor sendiri bisa di jalankan sepanjang waktu, baik di musim kemarau maupun di musim hujan. Hanya saja di kala musim penghujan, kendaraan semakin mudah kotor yang secara tidak langsung menguntungkan pemilik usaha pencucian.

Untuk bisa memulai usaha yang satu ini, anda harus menyiapkan modal untuk tempat, peralatan(mesin, alat cuci, sabun, kain dan lain sebagainya) dan yang tidak boleh ketinggalan adalah karyawan.

Ketika kita memulai usaha yang satu ini secara tidak langsung kita membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, terutama bagi kaum muda yang belum memiliki pekerjaan. Karena pada dasaranya mencuci bisa di lakukan oleh siapa saja, sehingga karyawan dengan latar belakang pendidikan apapun tidak masalah.

Baiklah bagi pembaca yang berminat langsung saja baca tips memulai bisnis pencucian motor bagi pemula yang telah kami ulas secara detail berikut ini.

Tips Memulai Usaha Cuci Motor Agar Sukses


1. Pilihlan Lokasi Yang Strategis

Lokasi merupakan faktor paling penting yang menentukan ramai tidaknya usaha pencucian ini. Dimana dengan memilih lokasi yang tepat dapat di pastikan jika usaha ini ramai di kunjungi oleh konsumen. Mendapatkan lokasi yang strategis memang bukan perkara yang mudah, selain biaya yang tinggi, di sekitar lokasi tersebut biasanya sudah ada usaha pencucian sehingga secara tidak langsung menimbulkan persaingan.

Langkah terbaik yang sebaiknya anda tempuh ialah mencari lokasi strategis, yakni lokasi yang berada tepat di pinggir jalan yang mudah terlihat oleh pengendara. Usahakan juga juah dari para pesaing agar konsumen yang anda dapatkan semakin besar.

2. Desain Tempat Yang Menarik dan Bersih

Meskipun hanya sebatas usaha pencucian, anda tidak boleh meremehkan masalah desain tempat dan kebersihan dari usaha anda. Yang namanya usaha pencucian pastinya harus bersih tempatnya. Usahakan usaha pencucian tersebut memiliki desain yang menarik yang pada umumnya ada ruangan untuk pencucian dan juga finishing.

Selain itu kebersihan tempat juga harus di jaga. Pada umumnya usaha pencucian mudah sekali di hinggapi lumut, ini di karenakan setiap hari terkena air. Nah, untuk bagian tembok sendiri alangkah baiknya jika di keramik agar tidak lumutan. Usahakan anda memberikan arahan kepada karyawan untuk menjaga kebersihan tempat usaha tersebut.

3. Sediakan Ruang Tunggu Yang Nyaman

Yang satu ini juga tidak boleh terlewatkan, dimana yang namanya mencuci motor itu tidak instan bahkan sering juga antri. Sehingga ruang tunggu dengan kapasitas yang luas dan nyaman harus anda sediakan. Selain itu anda bisa menambahkan aneka fasilitas lain agar pengunjung tidak bosan, misalnya wifi gratis, TV atau paling tidak radio.

Tempat tunggu sebaiknya masih terhubung dengan tempat pencucian sepeda, ini di lakukan agar pemilik motor mengetahui bagaimana motornya di cuci. Jika konsumen tahu apabila cuci motor di tempat anda sangat teliti dan bersih, maka bisa di simpulkan konsumen tersebut menjadi pelanggan tetap anda.

4. Pastikan Memberikan Pelayanan Yang Terbaik

Saat ini hampir semua bidang usaha yang menawarkan produk maupun jasa harus memperhatikan pelayanan kepada konsumen. Karena mengabaikan konsumen sama halnya dengan membuang kepercayaan konsumen kepada kita. Tentu setelah kepercayaan tersebut hilang bisa berpengaruh buruk terhadap perkembangan usaha kedepannya. Maka dari itu disini kami tekankan jika pelayanan kepada konsumen sangat penting.

Sebagai bos anda harus memberikan arahan kepada karyawan agar selalu memperhatikan pelayanan kepada konsumen. Tidak hanya sebatas senyum saja, namun juga beberapa aspek lain yang itu penting. Memberikan ucapan terimakasih setelah konsumen membayar merupakan hal yang harus di lakukan.

5. Jangan Lupa Promosi

Jika anda ingin usaha cuci motor ramai, maka langkah awal yang harus di perhatikan setelah tempat usaha siap menjalankan usaha adalah promosi. Ini sebagai awalan yang penting untuk menunjukkan usaha cuci motor kita. Minimal kita harus membuat banner besar atau spanduk dan sejenisnya yang mana di letakkan di tempat usaha kita. Berikan harga awal yang murah dengan kualitas yang bagus agar banyak orang yang tertarik.

Selain itu anda juga bisa memberikan teknik promosi lainnya, seperti diskon atau kupon bagi pelanggan yang sudah beberapa kali mencucikan sepeda di tempat anda. Intinya promosi ini sangat penting untuk terus medongkrak kemajuan usaha anda.
Baca Juga : Contoh Bisnis Dadakan di Musim Hujan Yang Laku Keras
Demikianlah beberapa tips dan strategi sukses yang bisa anda lakukan dalam menggeluti usaha yang satu ini. Referensi yang kami bagikan mungkin masih ada kekurangan dan mohon di maklumi. Cukup sekian semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini jika memang bermanfaat untuk orang banyak. Terimakasih sudah membaca Memulai Usaha Pencucian Motor.